Kim So Eun saat syuting acara NET TV Indonesia Morning Show

Sahabat dari Korea (2): Kim So Eun Ingin Indonesia Lebih Dikenal di Korea

korea.iyaa.com - Kim So Eun yang telah lama tinggal di Indonesia dan memutuskan untuk meraih cita-cita di Korea bukan berarti ia tidak mencintai Indonesia, lho.

"Banyak orang Korea yang tidak tahu Indonesia," ujar So Eun. Beberapa hal yang membuat bingung orang Korea sebagian besar karena penyebutan negara India dalam bahasa Korea adalah Indo. Hal ini membuat mereka berpikir bahwa Indonesia adalah India.

Nah, demi memperkenalkan Indonesia lebih luas, So Eun pun menjadi seorang youtuber yang memperkenalkan Indonesia bagi warga Korea. Lewat channel pribadi Youtube milik So Eun, kita bisa melihat berbagai video So Eun memperkenalkan bahasa Indonesia. Selain itu, So Eun juga menjadi tenaga pengajar bahasa Indonesia freelance di Akademi Lemonde yang letaknya di daerah Jongno.


So Eun saat memperkenalkan bahasa Indonesia di saluran Youtube pribadinya

Menjadi orang Korea yang lama di Indonesia dan kembali lagi ke kampung halaman menjadi tantangan tersendiri bagi sahabat Korea ini. "Waktu balik ke Seoul kaget dengan winter. Dingin banget," kata So Eun.

Meski saat tinggal di Indonesia So Eun sering berkunjung ke Korea, ia tidak pernah datang saat musim dingin. So Eun pun curhat berbagai hal yang dirindukannya saat tinggal di Indonesia.

"Kangen makan gado-gado, ketoprak, rujak, singkok goreng, martabak, indomie mi goreng. Di sini juga tidak ada Tolak Angin," ujar So Eun sambil tertawa. Untunglah, So Eun memiliki teman yang selalu bisa menyediakan Tolak Angin untuknya. Wah, jangan sampai masuk angin ya So Eun.

Tantangan lain yang dihadapi So Eun tentu saja masalah kondisi masyarakatnya. "Di sini semua orang harus cepat-cepat," kata So Eun lagi.



So Eun saat tampil di pertunjukan Secret

Banyak hal yang juga disukai So Eun di Seoul seperti transportasi umumnya yang lebih bagus dan aman dibanding Jakarta. Yang membuatnya harus lebih hati-hati adalah menjaga sikap di lingkungan kerja dan masyarakat. Jika di Indonesia, tua-muda di tempat kerja biasanya berteman, di Korea tua-muda harus benar-benar dibedakan. Akan tetapi, positifnya setiap mereka yang lebih muda pasti akan menghormati yang tua.

Terakhir, sahabat dari Korea Kim So Eun punya permintaan bagi teman-teman di Indonesia yang ingin berkunjung ke Korea. "Jangan menyeberang jalan sembarangan. Kalau di Mc D (atau di beberapa rumah makan -red) harus self service," kata Kim So Eun.

Kim So Eun juga meminta teman-teman untuk melihat pertunjukannya jika kalian berkesempatan ke Seoul. Nah, kalau kalian ingin menemui So Eun, jangan lupa membawa Tolak Angin dan Indomie Mi Goreng untuk So Eun ya. Oh ya, So Eun juga akan tampil di acara Indonesia Morning Show "One Day In di Korea" saluran NET TV, lho. Kapan? Kira-kira awal September nih.