Foto: tvN

Baper Korea Utara Buat Cina Blokir Konten Terkait 'Goblin' di Dunia Maya

korea.iyaa.com - Dendam negara sekutunya Korea Utara jadi titik target penyebaran rudal Amerika oleh Korea, Tiongkok akhirya menghilangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan drama mega hit Goblin.

Akibat penyebaran rudal pertahanan Amerika oleh Seoul, Senin lalu (27/2) Negeri Tirai Bambu dikabarkan menghentikan peredaran segala konten yang berhubungan dengan Goblin di Weibo (media sosial Tiongkok). Tidak hanya itu, bahkan berbagai akses klip video musik Korea Selatan dan drama lain turut diblokir oleh pemerintah Tiongkok.


Foto: tvN

Sebelumnya para bintang Korea Selatan juga dilarang tampil di berbagai program hiburan Tiongkok sejak Oktober 2016. Keadaan tersebut didukung oleh keputusan Korea Selatan pada Juli 2016 meningkatkan pertahanan militer terhadap sekutu Tiongkok, Korea Utara di wilayahnya.

Menurut sumber, seluruh episode (16 eposode) drama yang sempat menyajikan berbagai potongan video, kini sudah dihapus dan dilarang beredar. "Kita tidak bisa melihat potongan drama dari Weibo lagi. Hanya video promosi dari 1-2 menit yang masih tersedia," tutur sumber.

Program lain seperti Running Man meski diperbolehkan tayang di media streaming online Tiongkok, nyatanya hanya episode yang telah tayang hingga episode tahun lalu yang bisa dinikmati warga Tiongkok.

Tiongkok sangat menentang keputusan Seoul dan Washington untuk menyebarkan rudal Amerika di Korea Selatan untuk melawan ancaman nukril dan rudal Korea Utara. Pemerintah Beijing mengatkan langkah tersebut akan menghabat kepentingan kemanan negara mereka.

Sebenarnya, hal ini justru akan menambah peredaran penayangan atau penjualan ilegal yang berhubungan dengan Goblin. Meski tidak ada angka pasti, namun orang yang mengunduh lewat jalur ilegal masih membuktikan jika penyebaran konten Korea belum bisa dihentikan. Bahkan situs sreaming ilegal pun kini mengalami peningkatan drastis.

Sumber: Yonhap