Bora saat melakukan wawancara.

Berkenalan dengan Song Bora, Selebgram Muslimah Asal Korea Selatan (Bagian 2)

korea.iyaa.com - Setelah memperkenalkan Bora, kali ini Korea Iyaa akan membagikan kisah bagaimana perkenalan Bora dengan Islam dan kehidupannya sebagai seorang muslimah di Korea.

Kisah bagaimana Bora masuk Islam sebenarnya sangat panjang. Singkatnya, semasa sekolah Bora sangat tertarik dengan sejarah dunia, namun di buku-buku yang diajarkan di sekolah Korea hampir tidak ada kisah tentang wilayah Arab dan Asia Tenggara. Kisah tentang Islam juga hampir tidak ada. Pada saat itu, muslim di Korea masih sangat sedikit dan dari rumah Bora menuju Masjid yang ada di kota Busan membutuhkan waktu 2 jam. Oleh karena itulah dia banyak mencari tahu dari berbagai buku lain dan sumber lain seperti internet dan video.

Memasuki bangku kuliah, Bora mengambil jurusan bahasa Arab. Selama belajar bahasa Arab, Bora juga mempelajari tentang budaya, politik, dan sejarah Arab, serta mempelajari sedikit banyak tentang Islam.  Awalnya Bora tidak menganut agama apapun. Semakin lama mempelajari dan mengenal Islam, dia berpikir bahwa ternyata Islam merupakan agama yang baik dan isinya sangat berbeda dengan yang selama ini diketahuinya. Pada akhirnya dia percaya pada Islam dan menjadi mualaf pada tahun 2007.
 

Beberapa kegiatan Bora. | Foto: Instagram Bora

Keluarga Bora tidak menentang. Mereka mengerti atas pilihan putrinya dan terus mendukungnya. Saat ini Bora sudah menjalani hidup sebagai seorang muslimah selama kurang lebih sepuluh 10 tahun, dan saat ini dia bekerja di Seoul Central Masjid di bagian dakwah. Di Masjid, salah satu pekerjaan yang dilakukan muslimah yang memiliki nama Arab Ola ini adalah memberikan pendidikan bagi mualaf baru seperi bagaimana cara beribadah, berpakaian, bertingkah laku, serta tentang makanan Halal dan Haram. Dia juga memberikan pengetahuan dasar tentang Islam kepada orang Korea yang banyak berkunjung ke Masjid, menerjemahkan, dan juga mengajar tentang Islam dan menjadi guru bahasa Arab. 


Bora berjalan-jalan di Lotte World mengenakan hijab pemberian adiknya.

Sebelum mengenal Islam, Bora pernah berpikir bahwa Islam merupakan agama yang menyiksa wanita dan agama teroris. Saat ini pun orang Korea masih banyak yang berpikir seperti itu, sehingga saat ini dia sedang berusaha untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut melaui dakwah. Menurutnya, salah satu dakwah terbaik yang bisa dilakukannya adalah dengan mengenakan hijab dalam kehidupan sehari-harinya, karena mungkin orang yang melihatnya akan penasaran dan bertanya lebih banyak tentang Islam. Beberapa orang sudah pernah datang dan bertanya langsung kepadanya.

Bora sangat aktif mengunggah foto dan video kehidupan sehari-harinya sebagai seorang muslimah Korea di akun Instagram. Dia juga sering mengunggah momen kebersamaan dengan teman-teman Muslim dari berbagai negara, termasuk dari Korea dan Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bagian dari dakwahnya.


Bora dan sesama Muslim Korea. | Foto: Instagram Bora

Bora sudah menggunakan Instagram selama hampir 3 tahun, dan jumlah orang Korea yang bertanya tentang Islam melalui DM jumlahnya semakin meningkat. Dari sejumlah orang yang pernah bertanya, ada sekitar 4 orang yang benar-benar menjadi mualaf. Beberapa hari yang lalu, Bora berbagi kisah tentang Islam secara live di Instagram. Ada satu orang Korea yang percaya pada Islam setelah mendengarkan kisah tersebut. Ke depannya, dia akan berusaha terus memberikan informasi yang benar tentang Islam kepada banyak orang melalui akun Instagram dan Youtube-nya.

Jangan lupa cek juga wawancara bagian pertama dengan Bora, ya. Oiya, katanya setelah Idul Fitri atau sekitar bulan Juli 2017 untuk pertama kalinya Bora akan berkunjung ke Indonesia selama kurang lebih satu minggu, dan mampir ke Jakarta, Bandung, dan Bali.