Foto: Ist

Investasikan Milyaran Won, Naver Jadi Pemegang Saham Terbanyak Kedua di YG

korea.iyaa.com - Naver, perusahaan internet terbesar di Korea, telah menginverstasikan sebesar 100 milyar won (sekitar USD88.500.000) kepada YG Entertainment.

Pada tanggal 17 Maret, YG Entertainment menyatakan, "Melalui kolaborasi YG denengan perusahaan internet terbesar Korea yang memiliki sistem messenger global LINE, kami percaya bahwa pasar global kami akan menjadi lebih besar dan kuat. Pada saat yang sama, kamipercaya bahwa akan ada hal yang baru, yang berpotensi sinergi tinggi."

Naver telah menginvestasikan 50 juta won (sekitar USD44.100.000) dalam pembelian saham YG, yang membuat mereka menjadi pemegang saham YG terbesar kedua dengan 9,14% setelah pendiri YG, Yang Hyun Suk yang memegang 19,07% saham. Naver juga menginvestasikan 50 juta won lagi ke YG Investment Fund, yang merupakan anak perusahaan dari YG Plus. Dana tersebut akan digunakan untuk isi media dan sistem mobile.

Yang Min Seok, CEO YG, mengatakan, "Dengan konten musik, YG telah meningkatkan pendapatan lebih dari 30% setiap tahun selama 10 tahun terakhir. Untuk dapat mendukung pertumbuhan ini, kami juga telah bekerja keras untuk memperluas konten kami. Kami telah memperluas aspek pemasaran bintang kami dari pengelolaan penyanyi juga mengelola aktor, komedian, dan penyiar. Pada saat yang sama, kami telah membina sejumlah produser serta menginvestasikan dan meng-cast seniman untuk fokus pada isi yang dihasilkan secara internal. Dengan kerjasama kami dengan Naver, kami berencana untuk berkembang menjadi seorang pemimpin konten".

YG menambahkan, "Dengan kerjasama kami dengan Naver, kami akan membuat konten kami lebih mudah ditemui melalui Naver platform seperti V Live, LINE, SNOW, karena ini memiliki basis pengguna yang besar tidak hanya di Korea, tetapi secara global. Karena itu, kita bisa mengharapkan pertumbuhan yang stabil dalam pasar ekonomi global yang terus berubah".

Sedangkan dari pihak Naver menyatakan, "Melalui kerja sama kami dengan YG, yang merupakan pemimpin konten hallyu, kami berharap dapat memperluas ke pasar global melalui berbagai konten budaya". Mereka menambahkan, "Ada banyak cara kami bisa berkolaborasi, seperti musik, siaran langsung, konten web, dan bahkan belanja".

Selain Naver, ditahun 2014 silam YG Entertainment menerima dana investasi dari LVMH (perusahaan induk untuk Louis Vuitton, Dior, Fendi, dan banyak perusahaan lain) sebesar USD80 juta, dan pada tahun 2016, mereka kembali mendapat inverstasi sebesar USD85 juta dari media sosial asal Cina, Tencent dan Weiying.

Sumber: (1) (2)

Tags :