11 Lokasi Syuting Drama JTBC 'Strong Woman Do Bong Soon'

korea.iyaa.com - Strong Woman Do Bong Soon sudah berakhir dengan happy ending. Tapi masih banyak pencinta drama ini yang belum move on. Selain penasaran dengan keseruan di balik layar para pemainnya, lokasi syuting drama biasanya juga menjadi hal yang diincar para pencintanya, apalagi kalau sedang berkunjung ke Korea.

Beberapa tempat yang dijadikan lokasi syuting Strong Woman Do Bong Soon ini bisa dijadikan tempat tujuan wisata kalian saat ke Korea.

1. Dobong-dong, Dobong-gu, Seoul

Foto: Distrik Dobong di Seoul yang dijadikan latar utama dalam Strong Woman Do Bong Soon. / Foto: Ist

Latar utama tempat tinggal Do Bong Soon memang benar-benar ada. Dobong-gu atau Distrik Dobong merupakan salah satu dari 25 distrik di Seoul. Nama Dobong diambil dari Gunung Dobong yang berada di dekat distrik ini.

2. Plate-B

Foto: Dobong Walnut Bakery milik ayah Bong Soon. / Foto: JTBC

Pasti tidak asing lagi dengan Dobong Walnut Bakery. Toko milik ayah Bong Soon ini juga sering dijadikan tempat hang out ibu Bong Soon dengan teman-temannya. Toko ini aslinya adalah sebuah kafe bernama Plate-B. Letaknya berada di Seoul, Yongsan-gu, Huamdong 415-1.

Foto: Ist

Untuk ke sini, kamu bisa naik subway jalur 4 dan turun di Stasiun Sookmyung Women’s University lalu keluar melalui Exit 3. Kemudian jalan lurus sekitar 2 menit lalu naik bus 202 dan turun di Bank Huamdong Woori. Dari situ kafe ini sudah terlihat. Jika bus 202 tidak tersedia, kamu bisa naik taksi dan menunjukkan alamat kafe.

3. Seoulland

Seoulland merupakan taman hiburan yang muncul di episode 7 saat Bong Soon membawa Min Hyuk untuk menghiburnya. Taman hiburan ini berlokasi di Gwangmyeong-ro, Gwachon-si, Gyeonggi-do.

Foto: Bong Soon membawa Min Hyuk ke taman hiburan di episode 7 (atas), Taman hiburan Seoulland (bawah). / Foto: Ist

Untuk mencapai lokasi ini, naik subway jalur 4 dan turun di Stasiun Seoul Grand Park lalu keluar di Exit 2. Untuk menuju gerbang utama Seoulland, naik kereta Gajah yang berhenti di Seoulland Grand Park dan Art Museum, kira-kira 100 meter dari stasiun.

4. Boramae Park

Taman ini muncul di episode 2 ketika Min Hyuk dan Bong Soon memainkan drone dan episode 4 ketika Min Hyuk tertembak tangannya. Boramae Park awalnya adalah Akademi Angkatan Udara yang kemudian diubah menjadi taman rekreasi. Nama boramae yang berarti elang merupakan simbol dari tempat ini saat menjadi Akademi Angkatan Udara.

Foto: JTBC

Taman ini dibuka 24 jam dan gratis. Kamu bisa naik subway jalur 2 dan turun di Stasiun Sindaebang lalu keluar melalui Exit 4. Dari stasiun tinggal berjalan kaki. Alternatif lainnya adalah naik subway jalur 7 dan turun di Stasiun Boramae lalu keluar melalui Exit 2 atau 3. Dari situ tinggal berjalan lurus saja.

Foto: Boramae Park. / Foto: Korea Tourism Organization

Foto: Korea Tourism Organization

5. Naksan Park

Foto: JTBC

Taman ini menjadi tempat Bong Soon, ibu, dan neneknya mengobrol dengan penuh haru. Sebelumnya ibu dan nenek Bong Soon bertemu dengan Min Hyuk yang habis mengantar Bong Soon. Di sini ibu Bong Soon memberi tahu nenek bahwa ia akan menjadikan Min Hyuk menantunya.

Foto: Nansan Park. / Foto: Korea Tourism Organization

Naksan Park terletak di pusat kota Seoul. Taman yang bersejarah ini menunjukkan pemandangan kota yang indah, apalagi di malam hari. Di sekitar taman juga terdapat restoran, coffee shop, dan galeri seni.

6. Ihwa Mural Village

Foto: JTBC

Rumah keluarga Do Bong Soon berada di lokasi ini. Tempat ini juga pernah menjadi rumah Yoo Hye Jung (Park Shin Hye) dalam drama Doctors.

Foto: Mural-mural yang menghiasi Ihwa Mural Village. / Foto: Ist

Sesuai namanya, Ihwa Mural Village terkenal dengan muralnya. Awalnya tempat ini merupakan perkampungan yang tidak menarik dan akan dihancurkan. Namun setelah dikembangkan, tempat ini menarik para pelaku seni dan pengunjung. Kamu bisa berfoto dengan mural yang terlihat menyatu dengan jalan dan bangunan di lokasi ini.

7. NCsoft

Foto: Kantin dan perpustakaan NCsoft (kanan atas dan kanan bawah). / Foto: Ist

Perusahaan Min Hyuk yang bernama Ainsoft benar-benar sebuah perusahaan game yang bernama NCsoft loh. Perusahaan ini merupakan perusaahan game terbesar di Korea dan berlokasi di Seoul.

8. Donghwa Healing Camp

Foto: JTBC

Lokasi ini muncul di episode terakhir, tempat keluarga Bong Soon bersama Min Hyuk berkumpul sebelum Bong Soon dan Min Hyuk menikah. Donghwa Healing Camp merupakan tempat glamping yang berlokasi di Paju.

Foto: Donghwa Healing Camp. / Foto: Ist

9. World Cup Park

Di episode 8, Min Hyuk membawa Bong Soon ke makam ibunya yang dikubur di bawah pohon di Garden of Peace di World Cup Park. Taman ini berlokasi di 243-60, World Cup-ro, Mapo-gu, Seoul.

Foto: JTBC

Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa naik Seoul Subway jalur 6 turun di Stasiun World Cup Stadium lalu keluar melalui Exit 1. Belok kanan dan kitari stadium. Ikuti jalan besar lalu belok kiri untuk menyeberang di persimpangan.

Foto: Sky Park Metasequoia Road di World Cup Park. / Foto: Korea Tourism Organization

Jika naik bus, berhenti di pemberhentian pintu masuk World Cup Park dengan naik bus hijau no. 7011, 7013, 7714, 7715 atau bus biru no. 171 atau 271.

10. Nanji Hangang Park

Taman ini muncul di beberapa episode, seperti episode 1 dan 14. Pada episode 1, Min Hyuk mengejar orang yang mengikutinya di lokasi ini. Ia berlari mengejarnya di sepanjang Han River Park Waterfront. Sementara di episode 14, Min Hyuk dan Bong Soon piknik di lokasi ini.

Foto: JTBC

Nanji Hangang Park juga menyediakan tempat kemping. Taman ini diharapkan dapat menarik pengunjung dari berbagai negara.

Foto: Ist

11. Jembatan Geumgang Gureumdari

Foto: JTBC

Di episode 3, Bong Soon menyeberangi jembatan sehabis dari kuil bersama ibunya. Kita juga melihat kembali jembatan ini di episode 6 saat ibu Bong Soon bersama teman-temannya mendaki gunung.

Jembatan ini berlokasi di Daedunsan Provincial Park. Lokasinya memang cukup jauh, tapi bisa menjadi tempat yang harus kamu datangi saat di Korea. Gunung Daedunsan yang berlokasi di antara kota Daejeon dan Jeonju merupakan salah satu gunung yang paling mengagumkan di Korea.

Foto: Jembatan Geumgang. / Foto: Ist

Kamu bisa naik kereta KTX dari Daegu menuju Daejeon. Dari Stasiun Daejeon, naik bus di Terminal Bus Seobu. Untuk menuju Terminal Bus Seobu, kamu bisa naik subway menuju Seodaejeon Neggori kemudian naik bus no. 701. Dari terminal itu, naik bus no. 34 untuk menuju Daedunsan Park. Sampai di situ, ikuti papan penunjuk dan berjalan sekitar 1 km menuju gunung. Kamu bisa naik kereta gantung jika tidak ingin berjalan.

Jembatan Geumgang yang menghubungkan dua gunung ini memiliki panjang 40 meter. Kalau kamu suka tantangan, melewati jembatan yang berada 300 meter di atas permukaan laut ini bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.