Foto: Ist

5 Restoran Korea Bersertifikat Halal yang Wajib Dicoba Saat ke Korea

korea.iyaa.com - Ingin mencoba makanan Korea ketika berada di Korea sering kali menjadi dilema bagi wisatawan muslim. Namun kini cukup banyak restoran yang menyajikan makanan Korea bersertifikat halal. Dengan begitu, kamu bisa menikmati makanan Korea tanpa perlu dilema lagi. 

Berikut ini lima restoran makanan Korea bersertifikat halal yang bisa kamu masukkan dalam daftar ketika berwisata ke Korea.

1. Restoran Makan Halal




Foto: Ist


Restoran ini terletak di Itaewon, lokasi yang memang terkenal bagi para wisatawan asing, khususnya wisatawan muslim. Letaknya tidak jauh dari depan masjid Seoul Central. Kamu bisa menikmati berbagai macam makanan Korea, mulai dari bulgogi, dakdoritang (ayam rebus pedas), mulnaengmyeon (mi dingin), hingga samgyetang (sup ayam ginseng).



Bulgogi dosirak, dakdoritang, dan samgyetang di Makan Halal. / Foto: Have Halal, Will Travel

Restoran ini buka setiap Senin, Rabu—Minggu pukul 10.30—22.00. Pemiliknya adalah seorang muslim Korea. Untuk menuju Itaweon, naik subway turun di Stasiun Itaewon jalur 6 dan keluar di Exit 3.



Petunjuk lokasi Restoran Makan Halal. / Foto: facebook.com/MakanKorea

2. Restoran Busan Jib



Petunjuk menuju Busan Jib (ka). / Foto: facebook.com/busanjibhalal

Restoran ini berlokasi di area perbelanjaan Myeongdong. Di sini kamu bisa menikmati makanan Korea yang menggunakan daging yang telah disertifikasi halal. Menu yang harus kamu coba adalah dakdoritang dan samgyetang.



Foto: Have Halal Will Travel

Kalau kamu tidak makan daging, di sini disajikan pula makanan laut. Cobalah seafood rebus pedas dan sotong pedas mereka.

Restoran ini buka setiap hari sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam.

3. BoA travel house



Foto: Ist

Tempat ini sebenarnya bagian dari BoA travel house. Tapi kita tidak harus menginap di penginapan tersebut untuk menikmati makanan di restoran ini. BoA travel house khusus menyajikan dosirak atau kotak makan siang khas Korea. Mereka menyediakan delapan macam dosirak sebagai menu utama, termasuk jajangmyeon (mi bumbu kacang hitam).

Kamu juga bisa menikmati makanan sampingan Korea yang terkenal, yaitu tteokpeokki dan ayam goreng. Suka penasaran, kan, kalau melihat ayam goreng Korea di drama-drama? Di sini kamu bisa mencobanya, dan halal pula!



Dosirak dan menu lain di BoA travel house. / Foto: Ist

Selain bisa untuk dibawa, kamu juga bisa makan di tempat. Harga per dosirak adalah 7.000 won untuk tamu guesthouse dan 8.000 won untuk umum. Kamu bisa memesan terlebih dahulu di Facebook mereka.

Untuk menuju BoA travel house turun di Stasiun Hongik University jalur 2, keluar di Exit 4. Jalan lurus menuju toko “K2” lalu menyeberang di depan LG Electronics Inc. Teruslah berjalan sekitar 30 meter hingga menemukan minimarket GS25. Belok kiri di Bizeun lalu kamu akan melihat BoA travel house di sebelah kiri.

4. Yang Good BBQ

Kalau kamu sering menonton drama Korea, pasti sering melihat daging barbeque sering menjadi makanan yang dikonsumsi. Penasaran ingin mencoba tapi bingung mencari yang halal? Di Yang Good BBQ, kamu bisa menikmati daging barbeque dengan bumbu khas Korea. Restoran ini juga terkenal di kalangan warga lokal jadi ada alkohol yang disediakan. Tapi daging domba yang digunakan untuk barbeque serta bahan-bahan lainnya sudah disertifikasi halal.



Foto: Facebook Yang Good Korean BBQ Lamb

Berlokasi di dekat area perbelanjaan di Gangnam dan kafe-kafe di Garosugil, kamu juga bisa menikmati varian makanan Korea lain. Misalnya deonjang-jjigae (sup fermentasi kedelai) dan mulnaengmyeon (mi dingin).

Restoran ini buka sejak pukul 4 sore hingga pukul 2 dini hari. Kamu bisa melihat petunjuk ke restoran ini di sini.

5. Restoran Vegetarian Osegyehyang



Foto: Korea Tourism Organization

Kalau sedang mengunjungi Insadong, restoran ini menjadi penyelamat di kala kelaparan. Insadong merupakan salah satu area di Seoul yang sering dikunjungi wisatawan asing. Suasana tradisional Korea yang bisa dilihat dari bangunan-bangunannya bisa ditemukan di sini. Namun mencari restoran halal memang tidak mudah. Karena itu, restoran vegetarian ini pantas kamu masukkan dalam daftar jika berkunjung ke Korea, khususnya Insadong.

Osegyehyang memiliki arti “aroma lima dunia”. Restoran ini juga terkenal di kalangan warga lokal karena rasanya. Dengan bujet 15.000 won per orang, kamu bisa menikmati berbagai makanan dari protein kedelai sebagai pengganti daging. Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah Tang Su Yuk, menu yang dagingnya diganti dengan jamur dan paprika.



Foto: Have Halal Will Travel

Restoran ini buka sejak pukul 11.30—21.00. Untuk menuju ke sini, naik Subway Seoul jalur 3 turun di Stasiun Anguk lalu keluar di Exit 3, kemudian berjalan sekitar lima menit dari stasiun.

Sumber: Have Halal Will Travel

Writer : Adytia Fitriana
Tags :