Foto: Facebook Nami Island

Nami Island Sediakan Tempat Makan Halal dan Musala bagi Wisatawan Muslim

korea.iyaa.com - Wisata halal menjadi incaran wisatawan muslim yang mengunjungi Korea. Kunjungan wisatawan muslim di Korea Selatan yang semakin meningkat membuat pemerintah Korea Selatan ikut meningkatkan pula fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan muslim. Selain itu, hal terpenting yang pasti disambut dengan gembira oleh wisatawan muslim adalah tempat makan bersertifikat halal.

Korea Tourism Organization (KTO) mengumumkan akan menambah jumlah restoran dari 135 menjadi 170 restoran demi meraih tujuan dapat mendatangkan 1,2 juta wisatawan muslim tahun ini. KTO menerima aplikasi pengajuan sertifikasi halal dari restoran lokal hingga 28 April.

Salah satu tempat wisata yang sudah menyediakan fasilitas memadai bagi wisatawan muslim adalah Nami Island. Tempat wisata yang populer karena pernah menjadi lokasi syuting drama Winter Sonata ini juga menyediakan restoran dan kafe yang memiliki sertifikat halal.

Nami Island atau yang juga dikenal dengan Republik Naminara adalah pulau yang terletak 63 kilometer dari Seoul. Pada 2006, pulau yang berbentuk bulan setengah ini mendeklarasikan "kemerdekaan budaya" dari Republik Korea. Karena itu, pulau ini memiliki kebijakan diplomasi dan kebudayaannya sendiri, termasuk bendera nasional, lagu nasional, paspor, visa, mata uang, dan sertifikat kewarganegaraan sendiri.

Pada 2016, Nami Island menarik 1,3 juta wisatawan asing dari 120 negara. Selain Tiongkok, wisatawan yang mengunjungi pulau ini berasal dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.


Foto: Restoran Asian Cuisine/Dongmoon yang sudah mendapat sertifikasi halal. / Foto: Ist

Restoran dan kafe halal yang terdapat di pulau ini menarik wisatawan muslim. Restoran keluarga Asia Dongmoon menjadi incaran wisatawan muslim setelah restoran ini memperoleh sertifikat halal pada 2014. Makanan yang disajikan, sesuai dengan namanya, adalah menu Asia. Selain nasi goreng Indonesia, mi tom yam, dan udon tofu goreng, restoran ini juga menyajikan makanan Korea yang (pastinya) halal, seperti nasi goreng kimchi, bibimbap (nasi campur khas Korea), dan bulgogi.


Foto: Namisum

Tempat kuliner halal lain yang bisa dikunjungi di Nami Island adalah Swing Café dan Bookcafé. Swing Café yang berlokasi dekat Sungai Bukhan ini menawarkan pemandangan indah Sungai Bukhan dengan Museum Song sebagai tema kafe. Kafe ini juga menawarkan roti andalan mereka yang dipanggang tiga kali sehari sehingga selalu fresh.


Foto: The Jakarta Post

Selain Swing Café, Bookcafé yang berlokasi di gedung Baplex dapat menjadi tempat istirahat sekaligus duduk santai sambil menikmati kopi, sandwich, atau makanan penutup oleh wisatawan muslim. Sesuai namanya, kafe ini juga menyediakan buku-buku yang dapat dinikmati anak kecil dan orang dewasa.

Fasilitas penting yang dibutuhkan wisatawan muslim juga dapat ditemukan di Nami Island, yaitu musala. Musala dengan luas 144 meter persegi ini dapat menampung hingga 130 orang. Kompas dan tempat wudu juga disediakan di musala yang terletak di area pusat pulau ini, tepatnya di lantai dua gedung Baplex.


Foto: Ist

Sumber: (1) (2)

Writer : Adytia Fitriana
Tags :