Foto: SBS-in

SBS-in Sudah Seminggu Mengudara di Indonesia, Banyak Penggemar Belum Bisa Menikmatinya

korea.iyaa.com - Sudah satu minggu saluran SBS-in mengudara di Indonesia dan sambutan dari penggemar di Indonesia sangat meriah.

Sayangnya, banyak penggemar yang tidak paham bagaimana caranya mendapatkan saluran ini di televisi mereka. Sekali lagi, Korea IYAA mencoba menjelaskan sedikit bagaimana saluran ini bisa didapat.

Saluran SBS-in hanya mengudara lewat parabola yang menangkap sinyal satelit Palapa (Palapa D). Lengkapnya bisa dilihat di frekuensi 3808 MhZ, Transponder 3V (V), Symbol rate 100000, dan FEC 3/5. Frekuensi ini awalnya dipakai oleh LBS TV, tetapi diganti menjadi SBS-in sehingga para penggemar yang sudah menyimpan frekuensi LBS TV di 3808 Mhz, saluran tersebut otomatis berganti menjadi SBS-in.

A post shared by SBS-IN (@sbsin.kor) on



Sekali lagi kami tekankan, saluran SBS-in saat ini belum ada di layanan televisi berlangganan yang berbayar baik TV kabel maupun TV satelit. Televisi dengan pemakaian antena biasa juga tidak bisa, harus dengan parabola. Salah satu kru tim Korea IYAA mencoba mencari frekuensi untuk saluran SBS-in ini. Ia agak kesulitan sehingga melakukan pencarian ulang secara otomatis.

Kru Korea IYAA menggunakan Parabola Venus dengan penggerak otomatis. Saat ini, harga untuk parabola ini berkisar antara Rp2 juta - Rp4 juta, tergantung jenisnya. Keistimewaan layanan parabola adalah bebas iuran, tidak seperti layanan TV kabel dan TV satelit yang setiap bulannya harus bayar. Kelemahannya, layanan parabola kebanyakan memperlihatkan saluran-saluran gratisan yang bagi beberapa orang mungkin kurang up to date dan kualitas yang kebanyakan non-HD.

Pencarian saluran SBS-in secara otomatis ternyata lebih mudah. Kurang dari 5 menit kru Korea IYAA telah mendapatkan saluran SBS-in.


Pencarian saluran SBS-in untuk parabola Venus

Lalu apakah para penikmat SBS-in hanya bisa melihatnya melalui layanan parabola?



Salah seorang netizen di akun Instagram SBS-in menulis komentar bahwa saluran ini juga bisa dinikmati lewat layanan streaming aplikasi Mivochannel. Korea IYAA pun mencoba layanan ini. Aplikasinya cukup mudah diakses, mungkin agak terganggu dengan iklan jika kalian menggunakan layanan ini secara gratis. Kualitas streaming untuk drama cukup baik, tetapi saat beberapa video klip EXO yang muncul, kualitasnya masih kurang baik.




Tampilan SBS-in di aplikasi Mivochannel

SBS-in saat ini baru menampilkan beberapa acara yang cukup jadul. Akan tetapi, ke depannya diharapkan SBS-in bisa menampilkan acara-acara yang lebih up to date dan bisa dinikmati oleh para pelanggan TV kabel dan TV satelit berbayar.

Sebagai tambahan, hari ini 4 April 2017, SBS-in menampilkan K-Star Special Day seharian yang menampilkan berbagai acara tentang EXO. Lewat akun Instagram-nya, SBS-in telah mengumumkan bahwa besok (5/4), adalah K-Star Spesial Day untuk Lee Jong Suk. Lalu berturut ada 2PM (6/4), Lee Seung Gi (7/4), Kim Woo Bin (10/4), Seo Kang Joon & Park Bo Gum (11/4), SM Town (12/4), YG Family (13/4), dst.

Penasaran apa saja yang akan ditampilkan SBS-in di salurannya? Kalian bisa mengeceknya lewat akun Instagram dan Facebook SBS-in.


Tags :