Foto: hamgardi.com

Tips Berbelanja di Dongdaemun Market Supaya Nggak Bingung Belanja

korea.iyaa.com - Dongdaemun Market merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Korea. Area perbelanjaan ini tidak hanya menjadi incaran warga lokal, melainkan juga para wisatawan asing. Dongdaemun Market memiliki lebih dari 20 pusat perbelanjaan. Area perbelanjaan yang dibuka pada 1905 ini menawarkan penjualan eceran dan grosiran. Harga yang didapatkan pun bisa murah, jika kamu pandai menawar.

Agar kamu bisa berbelanja di Dongdaemun Market tanpa kebingungan dan mendapatkan pakaian yang bagus, berikut tips berbelanja di Dongdaemun Market.

1. Uang Tunai


Foto: Pinterest

Sediakan uang tunai sebelum kamu berbelanja di Dongdaemun Market. Para penjual lebih memilih pembayaran secara tunai dan mereka akan memberikan harga penawaran yang bagus jika kamu bilang akan membayar secara tunai.

Jika tidak memiliki uang tunai, kamu bisa menemukan ATM di setiap pusat perbelanjaan (biasanya di lantai dasar), swalayan, dan pinggir jalan.

2. Eceran atau Grosiran?


Foto: Ist

Barang-barang di Dongdaemun Market dijual eceran dan grosiran. Awalnya Dongdaemun Market hanya menyediakan penjualan pakaian grosiran dan aksesoris eceran. Namun karena pusat perbelanjaan tersebut berkembang semakin besar dan meluas, para pembeli selain pengecer mulai berbelanja di Dongdaemun Market. Bahkan saat ini pembeli biasa juga berbelanja di toko grosiran untuk membeli pakaian dalam jumlah banyak dengan harga grosiran.

a. Toko Eceran

Jalan utama Dongdaemun Market terbagi menjadi dua. Bagian 1 ada di sisi di mana kamu bisa melihat Menara Doosan. Bagian 2 ada di dekat Stadium Dongdaemun. Bagian 1 menjual eceran dan grosiran, tapi para penjualnya lebih sering berhadapan dengan pelanggan umum dan wisatawan dengan harga eceran. Di sini juga terdapat fasilitas penukaran uang dan meja informasi dengan staf yang bisa berbahasa Inggris.

Bagian 2 juga menawarkan toko grosiran dan eceran, tapi kebanyakan mereka menjualnya dalam jumlah yang lebih besar. Karena itu biasanya pusat perbelanjaan di sini buka sekitar pukul 8 malam dan tutup pukul 8 pagi atau 5 sore keesokan harinya.

Pusat perbelanjaan dengan toko eceran paling terkenal adalah Doota atau Migliore. Kalau kamu ingin membeli pakaian eceran, tempat ini cocok untuk kamu datangi. Doota merupakan mal fashion yang menawarkan kualitas tingkat tinggi. Mal ini terdiri dari delapan lantai dengan sekitar 600 atau lebih toko pakaian. Doota buka setiap Minggu hingga Kamis pukul 10.30 hingga 24.00 dan Jumat dan Sabtu pukul 10.30 hingga 05.00 keesokan harinya.


Foto: Ist

Migliore terdiri dari berbagai toko pakaian,sepatu, hingga aksesoris. Mal ini lebih fokus menyasar kalangan muda dan kebanyakan untuk wanita. Tapi kamu juga bisa menemukan toko pakaian untuk laki-laki. Tergantung dengan baik atau tidaknya si penjual, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menakutkan atau menyenangkan saat berbelanja. Migliore buka dari pukul 11.00 hingga 05.00 keesokan harinya dan tutup setiap Senin.

b. Toko Grosiran

Tentu saja di sini kamu tidak bisa membeli pakaian eceran. Namun harganya jauh lebih murah dibanding toko eceran. Nah, kalau kamu berwisata secara rombongan, cobalah berbelanja di toko-toko grosiran. Lumayan, kan, bisa membeli dalam jumlah banyak dengan harga murah pula.

Perlu diingat kalau mendatangi toko grosiran, di sini tidak tersedia ruang ganti karena memang kebanyakan mereka melayani pembeli grosiran. Selain itu, tidak tersedia sistem pengembalian dan penukaran sehingga kamu harus mengecek barang dengan teliti sebelum dibeli.


Foto: Naver

Toko-toko grosiran yang terkenal adalah di sekitar Dongdaemun Design Plaza, seperti Dongdaemun Fashion Town, New Pyeonghwa Market, Designer Club, dan U:US.

c. Siang atau Malam?


Foto: Ist

Mau siang atau malam, sah-sah saja. Biasanya toko eceran buka saat siang, sedangkan toko grosiran buka saat malam hari. Ini karena sasaran pembeli mereka yang berbeda. Kalau kamu ingin merasakan suasana berbelanja yang berbeda, cobalah berbelanja di malam hari. Kamu akan melihat area Dongdaemun yang masih ramai bahkan saat tengah malam. Selain itu, karena memang area perbelanjaan di sini buka hampir 24 jam.

3. Cara Menawar

Penjual-penjual di Dongdaemun Market dikenal “sadis” dalam memberikan harga dari harga sebenarnya. Apalagi karena kamu orang asing, mereka bisa memberikan harga yang lebih tinggi. Untuk itu kamu harus berani menawar dan menyebutkan harga yang kamu inginkan agar bisa mendapat harga terendah. Selamat berbelanja!

Sumber: (1) (2)

Writer : Adytia Fitriana
Tags :