Foto: facebook.com/tvnchicagotypewriter

tvN 'Chicago Typewriter' Perlihatkan unsur Shamanisme sebagai Budaya Populer

korea.iyaa.com - Cenayang atau shaman menjadi salah satu unsur mistis yang kadang diperlihatkan di beberapa drama Korea.

Lewat drama terbaru tvN, yaitu Chicago Typewriter, diperlihatkan sedikit unsur misti lewat unsur reinkarnasi, hantu, dan shaman. Unsur shamanisme boleh dibilang sering dimunculkan di beberapa drama dan film. Tentu saja unsur yang dimunculkan ini agaknya menjadi budaya populer sehingga banyak diterima orang kalangan muda Korea.




Unsur shamanisme di drama Goblin, film The Wailing dan The King | Foto: tvN, Daum

Di episode ke-5 drama Chicago Typewriter, diperlihatkan rumah tempat tinggal Jeon Seol (Im Soo Jung) yang menumpang di rumah cenayang Wang Bang Wool (Jeon Su Kyeong). Lewat adegan Ma Bang Jin (Yang Jin Sung) yang mampu melihat hantu Yoo Jin O (Go Kyung Pyo), para penonton akan diperlihatkan sebuah bendera merah putih di depan rumahnya.

Bendera yang dipasang tersebut ternyata memiliki makna, lho. Warna merah tersebut mewakili cenayang atau shaman itu sendiri, sedangkan warna putih mewakili ramalan masa depan atau masa lalu seseorang.




Foto: tvN

Jika kalian berjalan-jalan ke Korea dan menemukan ada bendera tersebut, biasanya itu menandakan itu adalah tempat praktik seorang shaman atau cenayang. Mungkin kalian bisa mendatangi dan meminta diramal a la orang Korea.

Drama Chichago Typewriter yang memasukkan unsur reinkarnasi, hantu, dan dunia sastra sepertinya belum bisa membuat para penonton tertarik. Untuk enam episode pertama penayangannya rating yang didapat cukup stabil di rata-rata angka 2%.

Lewat episode terbaru, yaitu episode 6, Han Se Joo (Yoo Ah In) mengalami dilema harus mempercayai Yoo Jin O sebagai hantu atau menerima dirinya sendiri telah gila. Di video preview untuk episode 7, Han Se Joo sepertinya setuju untuk kembali menulis bersama Yoo Jin O.


Tags :