Foto: Naver NEW Company

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Wajib Militer Para Selebriti Korea

korea.iyaa.com - Para penggemar K-drama ataupun K-pop mungkin agak bingung beberapa kali mengenai wajib militer para bintang Korea. Bagaimana bisa Lee Min Ho tidak bergabung militer Korea dan justru bekerja di bagian administrasi? Kenapa Joo Won justru bergabung dengan tentara aktif saat ia bisa bergabung di kepolisian?

Mungkin sepuluh hal mengenai wajib militer di Korea Selatan ini perlu kamu ketahui.

1. Korsel secara teknis masih dalam keadaan perang


Foto: facebook.com/DaehanmingugYuggun

Wajib militer bagi pria-pria Korea diperlukan karena Korsel dan Korut belum menandatangani perjanjian damai setelah Perang Korea (1950-1953).

2. Wajib militer di Korea telah dimulai sejak tahun 1948

Republik Korea dan pasukan tentara didirikan di tahun yang sama.

3. Usia pria 20 sampai 38 tahun adalah usia wajib militer


Foto: facebook.com/DaehanmingugYuggun

Saat pria Korea telah berusia 20 tahun, mereka akan menerima surat untuk wajib militer di tahun berikutnya. Di tahun 2017, pria yang lahir di tahun 1997 akan mendapat surat undangan wajib militer di tahun 2018.

Kebanyakan pria Korea menunaikan wajib militer setelah lulus kuliah atau tahun kedua di universitas.

Meski tidak diharuskan dalam undang-undang, para wanita juga bisa masuk wajib militer. Mereka bisa langsung mendaftar untuk bergabung di ketentaraan untuk menjadi petugas bintara atau bergabung dengan Reserve Officers' Training Corps (ROTC) untuk menjadi perwira.

4. Penundaan wajib militer dimungkinkan

Meski surat wajib militer dikirim setelah ulang tahun ke-20, para pria bisa menunda wajib militer untuk beberapa alasan menurut Korea's Military Manpower Association (MMA): penyakit, kematian anggota keluarga, sekolah atau perkuliahan, saudara yang juga melakukan wamil, membuka sebuah bisnis, membesarkan anak, dan lainnya.

Akan tetapi, para pria dia bisa menunda wajib militer untuk alasan apapun saat mereka berusia 29 tahun.

5. Para pria wamil selama 21-24 bulan tergantung pasukan



Foto: facebook.com/ilovenavy

Angkatan Darat dan Korps Marinir: 21 bulan

Angkatan Laut: 23 bulan

Angkatan Udara dan pelayanan publik: 24 bulan

6. Mereka tidak digaji banyak


Para tentara ini menerima gaji setiap bulannya.

Tamtama: USD135 (kira-kira)

Tamtama Kelas Pertama: USD145

Korporal: USD160

Sersan: USD180

7. Wajib militer para selebriti menjadi topik sensitif

Masyarakat Korsel tidak memaafkan penghindaraan wajib militer karena skandal masa lalu yang berkaitan dengan selebriti dan anak-anak keluarga kaya.

Tahun 2002, bintang K-pop Steve Yoo (Yoo Seung Joon) dilarang masuk Korea lagi setelah ia menghindari wajib militer dengan menjadi warga negara AS.

Mulai bulan September, MMA juga akan menambah peraturan pengecekan status militer bagi anak-anak pejabat tinggi pemerintah termasuk para selebriti dan atlet

8. Selebriti berusaha memasuki wajib militer secara hyun-yeok (tentara aktif) untuk menghindari kritikan


Foto: facebook.com/seoulpolice

Para selebriti berusaha wamil secara hyun-yeok (tentara aktif) untuk menghindari kontroversi. Personel hyun-yeok mengabdi pada ketentaraan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Korps Marinir.

Saat ini, Changmin TVXQ dan Donghae serta Siwon Super Junior mengabdi di unit promosi kepolisian Seoul. Band kepolisian dengan member 20 orang tampil di panggung dan melakukan pertunjukan serta musik sehingga tidak termasuk dalam hyun-yeok.

Aktor Joo Won terpilih dan diterima untuk menjadi band kepolisian, tetapi ia memutuskan bergabung di Angkatan Darat.

9. Jika pria Korsel tidak sehat, mereka akan mengabdi di layanan publik

Jika seorang pria tidak lulus pemeriksaan fisik atau memiliki kondisi medis yang membuat mereka tidak bisa melakukan tugas aktif, mereka tidak perlu bergabung dengan kewajiban militer. Akan tetapi, mereka harus melakukan gong-ik (layanan publik).

Kondisi medis Yoo Ah In dan Seo In Guk memungkinkan mereka tidak melakukan tugas aktif. Lee Min Ho yang sempat mengalami kecelakaan mobil serius juga termasuk yang akan melakukan layanan publik. Ia mulai melakukannya pada 12 Mei di kantor distrik Gangnam, Seoul.

10. Para pria Korea memiliki hubungan kuat berkat pengalaman di militer


Foto: NEW Naver

Orang-orang Korea berkata kau bukan lelaki sampai kau mengabdi di militer. Wajib militer sudah menjadi referensi budaya pop dan para pria bangga berbicara mengenai pengalaman mereka di militer.

Sumber: Dramafever


Tags :