Foto: Visit Korea

Cara Mudah dan Murah Berpindah Dari Bandara Incheon ke Stasiun Seoul

korea.iyaa.com - Mencoba petualangan seru naik kereta ekspres dari Bandara Internasional Incheon ke Stasiun Seoul.

Begitu mendarat di Bandara Internasional Incheon, para pelancong tidak perlu bingung dan khawatir mengenai transportasi menuju ke pusat kota Seoul dan berbagai daerah lain di Korea. Tersedia berbagai macam sarana transportasi seperti bus, kereta, van, dan taksi. Kali ini korea.iyaa akan memberikan tips bagaimana menggunakan kereta ekspres dari Bandara Internasional Incheon ke Stasiun Seoul.


Foto: airport.kr

Stasiun kereta bandara berada di lantai B1 dan penumpang bisa menggunakan lift untuk menuju ke sana. Ada tiga jenis kereta yang tersedia di sini, yaitu KTX, Express Train dan All-stop Train. Untuk menuju kota Seoul, penumpang bisa menggunakan Kereta Ekspres (Express Train) atau All-stop Train dengan tujuan akhir Stasiun Seoul, sedangkan untuk menuju kota besar lainnya, penumpang bisa menggunakan kereta cepat KTX yang juga akan transit terlebih dahulu di Stasiun Seoul. Karena diburu waktu mengejar KTX dari Stasiun Seoul, maka tim korea.iyaa memutuskan naik kereta ekspres.


Foto: airport.kr

Memang apa bedanya Express Train dan All-stop Train? Meski harga tiketnya sedikit lebih mahal, yaitu 8.000 won, namun bagi pelancong yang ingin menuju Stasiun Seoul bisa lebih menghemat waktu, karena Kereta Ekspres ini tidak berhenti di setiap stasiun seperti All-stop Train. Tempat duduk Kereta Ekspres mirip dengan KTX atau kereta jarak jauh lainnya dengan susunan kursi 2-2, sedangkan All-stop Train lebih mirip dengan subway atau KRL kalau di Jakarta. Bagi yang membawa koper besar tidak perlu khawatir, karena selain disediakan ruang penyimpanan di atas tempat duduk juga disediakan tempat penyimpanan bagasi yang cukup luas di bagian depan setiap gerbong. Yang paling penting, di sini juga disediakan wifi gratis.


Interior di dalam Kereta Ekspres. | Foto: Ika / korea.iyaa


Ruang penyimpanan bagasi di atas tempat duduk. | Foto: Ika / korea.iyaa


Bagasi di setiap gerbong Kereta Ekspres. | Foto: Ika / korea.iyaa

Jadwal keberangkatan Kereta ekspres dari Bandara Incheon menuju Stasiun Seoul dimulai sejak pukul 05.20 (kereta pertama) sampai pukul 21.45 (kereta terakhir) dengan interval setiap 35 menit sekali. Pembelian tiket Kereta Ekspres bisa dilakukan di AREX Travel Center di lantai B1. Setelah membeli tiket, penumpang bisa menuju pintu masuk masuk yang berada di sebelah Kanan untuk Kereta Ekspres yang dipenuhi dengan warna oranye. Pelancong cukup men-tap kartu berwarna oranye miliknya dan masuk menuju peron. Silahkan pastikan nomor gerbong dan tempat duduk yang tercetak di struk pembelian tiket. Begitu sampai di Stasiun Seoul jangan lupa tukarkan kartu di mesin refund yang ada dekat pintu keluar untuk mendapatkan kembali deposit kartu senilai 500 won, lumayan untuk jajan.


Foto: visitkorea


Struk pembelian tiket yang dilengkapi informasi kereta. | Foto: Ika / korea.iyaa

Oh iya, jangan kaget ya kalau di stasiun di Korea penuh dengan tangga yang panjang dan tinggi. Paling tidak penumpang masih dimudahkan dengan adanya eskalator atau tangga berjalan dan juga lift di beberapa stasiun.

Chingudeul, apakah kalian sudah siap berpetualang di Korea?

Sumber: (1), (2)


Tags :