Foto: ist/uT.O.Pia/newsen

Tim Dokter Akhirnya Rilis Pernyataan Lengkap Kondisi Sebenarnya T.O.P BIGBANG

korea.iyaa.com - Tim dokter yang menangani perawatan T.O.P BIGBANG telah selesai menggelar konferensi pers.

Diadakan di Ewha Woman's University Mokdong Hospital, sebanyak 4 dokter hadir memberi keterangan dan menjawab semua pertanyaan dari wartawan soal kondisi yang sebenarnya dari Choi Seung Hyun alias T.O.P. Berikut adalah hasil tanya jawab yang dirangkum lewat berbagai sumber.



- Kondisi T.O.P saat ini (per tanggal 7 Juni 2017 pukul 17:00 KST) masih belum sadar, dengan tekanan darah 144/108 (darah tinggi) dan denyut jantung 128 (tidak normal).

- T.O.P dibawa ke rumah sakit oleh 3 orang rekan dari Kepolisian. Satu orang memegang tubuh bagian atas, dua lainnya memegang bagian bawah.

- Saat datang, T.O.P sudah dalam keadaan tidak sadar dan baru bisa memberi respon lewat guncangan yang sangat kencang.

- T.O.P sempat membuka mata, namun tidak bisa membalas dengan fokus dan tidak bertahan hingga 10 detik.

- Saat datang, tekanan darah dan detak jantungnya sangat tinggi. Saat darah diperiksa, T.O.P kekurangan banyak oksigen dan darahnya tinggi kandungan karbon dioksida. Keadaan ini, jika terlambat sedikit saja, bisa merusak otak dan mengakibatkan hal yang lebih fatal.

- T.O.P dikirim ke ICU pada pukul 16:50 KST. Saat itu T.O.P masih tidak sadar meski kadar karbon dioksida dalam darah sudah menurun.

- Hingga saat ini (7 Juni 2017 pukul 17:00 KST), T.O.P masih belum sadar. Obat yang diminum sebelumnya diketahui berjenis Benzodiazepine, yang dikenal sebagai obat antidepresan (anti-anxiety).

- Tim dokter masih belum mengetahui berapa banyak pil yang telah diminum T.O.P hingga bisa berakhir dalam kondisi seperti ini. Tim dokter meyakini, jumlah yang diminum terbilang banyak karena tingkat kesadaran yang dihasilkan dan kondisi darah saat ini sangatlah buruk.

- Tim dokter tidak bisa memberi garansi kapan T.O.P akan bangun. Akan tetapi, rata-rata orang yang sehat (yang tidak menderita penyakit fisik) bisa pulih sekitar 1--2 minggu.

- Pernapasan T.O.P masih tidak stabil. Jika tubuhnya sudah bisa merespon, tim dokter akan segera mengangani dengan tindakan psikologis.

- Selain Benzodiazepine, T.O.P juga meminum obat antidepresan lainnya, namun obat-obatan tersebut tidak terdeteksi lewat tes urin.

- Tim dokter juga tidak mengetahui siapa yang memberi bocoran keadaan T.O.P ke satu anggota polisi (yang akhirnya mengabarkan kepada media T.O.P 'hanya' tertidur sangat pulas). Dokter memastikan, kadar karbon dioksida dalam darah T.O.P sangatlah tinggi dan dalam level sangat berbahaya.

- Tim dokter tetap melakukan berbagai tes, meski hingga kini belum ada perbaikan kondisi dari T.O.P.

- Fisik yang tidak mampu memberi respon merupakan hal krusial dalam kasus ini. Akan tetapi, tim dokter akan terus mengabarkan perkembangan dari T.O.P.

T.O.P BIGBANG dilarikan ke rumah sakit karena tidak kunjung sadar saat dibangunkan pada hari Selasa (06/06). T.O.P sendiri pada awal Juni terbukti bersalah karena pernah mengonsumsi ganja di bulan Oktober 2016 sebanyak 4 kali. Atas kejadian tersebut, di tanggal 5 Juni 2017 T.O.P langsung dicopot dari Unit Kepolisian Gangnam di Seoul, tempat ia menjalani wajib militer sejak Februari 2017.

Chingudeul, mari kita doakan semoga T.O.P cepat sadar dan bisa menerima semua ini dengan berbesar hati ya!

Sumber: (1), (2), (3), (4), (5)


Tags :