Patung Kim Il Sung dan Kim Jong Un | Foto: Wikipedia

4 Hal Peraturan yang Harus Dipatuhi saat Berkunjung ke Korea Utara

korea.iyaa.com - Baru-baru ini, disebutkan bahwa AS telah mengeluarkan larangan bagi warganya untuk berkunjung ke Korea Utara.

Sebelumnya, sudah banyak beberapa kasus yang melaporkan kesalahan para turis di Korea Utara sehingga mereka harus mendapat hukuman dari negara rezim tersebut. Agensi wisata Tiongkok mendistribusikan daftar hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Korea Utara dan telah dilaporkan oleh beberapa media Korea dan Tiongkok.

1. Berhati-hatilah saat menyebutkan Korea Selatan ataupun Korea Utara.


Warga negara AS, Warmbier, yang ditangkap harus kerja paksa di Korea Utara dan akhirnya meninggal | Foto: USAToday

Sama seperti Korea Selatan yang menyatakan bahwa seluruh semenanjung Korea adalah teritori mereka--yang artinya Korsel tidak secara resmi mnegakui Pyeongyang adalah sebuah pemerintahan berdaulat--Korea Utara juga tidak mengakui adanya Korea Selatan dan justru menyebut wilayah musuhnya sebagai "Nam-Joseon (Joseon Selatan)."

Beberapa perusahaan wisata bahkan meminta berhati-hati memanggil Korea Selatan sebagai "Hangguk" (Korea)". Meski secara teknis tidak tabu, mereka mengatakan menyebut nama itu membuat warga Korea Utara mengangkat alis mereka.

Menyebut nama "Korea Utara" juga tidak diperkenankan dan lebih baik menyebutkan negara ini sesuai nama resmi mereka, yaitu "Democratic People’s Republic of Korea.”

2. Jangan berkomentar mengenai situasi sosial, politik, ekonomi Korea Utara, ataupun para pemimpin mereka.


Kim Jong Un | Foto: NBCNews

Sempat dikatakan, Korea Utara tidak suka orang-orang asing menanyakan mengenai sistem pemerintahan mereka. Apalagi jika seseorang menyebutkan bahwa Korea Utara adalah salah satu negara termiskin di dunia.

Berkomentar mengenai para pemimpin diktator ini tidak bijaksana, paling tidak jika didengar oleh warga negara Korea Utara.

3. Lakukan penghormatan dan bersikap santun saat di depan patung Kim Il Sung


Foto: QSL

Kim Il Sung, pendiri Korea Utara dan kakek dari pemimpin Korea saat ini Kim Jong Un, adalah figur yang sangat dipuja di Korea Utara. Hal ini ditambah fakta setelah kematiannya, posisinya tidak diteruskan oleh siapapun sehingga posisi presiden secara abadi tetap dipegang oleh Kim Il Sung.

Para turis benar-benar disarankan menghormati patung Kim Il Sung saat melihat atau berfoto di depan patung tersebut. Meniru pose patung Kim Il Sung merupakan tindakan tabu.

4. Jangan pernah jalan-jalan sendiri



Pyeongyang | Foto: Thousand Wonders

Tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh pemandu wisata adalah salah satu cara tercepat memprovokasi orang-orang Korea Utara, banyak orang yang tidak memiliki selera humor saat bertemu turis bisa mengamuk.

Kunjungan yang tidak dijadwalkan atau tidak diizinkan ke rumah warga negara Korea Utara, atau bertemu teman dan keluarga sangat dilarang. Mengambil gambar dan berbicara kepada para pekerja tanpa izin juga sangat dilarang.

Tahun 1999, seorang ibu rumah tangga Korea Selatan sempat ditahan selama beberapa hari karena melakukan percakapan 10 menit dengan pegara Korea Utara saat tur wisatanya di daerah Geumgangsan.

Tidak seperti di film The Interview, jalan-jalan sendiri di Pyeongyang juga bisa membuat kalian ditangkap.

Wah, meski Korea Utara bisa dikunjungi sebagai tujuan wisata, tempatnya sendiri memberlakukan banyak larangan sehingga bisa dibilang ini bukan tujuan wisata yang santai. Berani mencoba berwisata ke tempat ini, Chingudeul?

Sumber: kpopherald


Tags :