Foto: instagram.com/syifafatimah3

Syifa Fatimah Puteri Muslimah Indonesia Jajal Musholla di Lotte Department Store Korea

korea.iyaa.com - Pariwisata Korea Selatan sempat terpuruk setelah pemerintah Tiongkok melarang warganya berwisata ke negari ginseng.

Korea Selatan pun bergerak cepat menyasar potensi turis dari negara-negara Muslim. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan 33% turis Muslim dari tahun 2015 ke tahun 2016 sehingga membuat Korea Selatan berbenah membuat negara mereka menjadi negara ramah muslim (muslim friendly).

Beberapa kampanye makanan halal dan pembuatan ruang-ruang salat "digenjot" untuk kemudahan para turis muslim. Salah satunya dengan membuat musholla di Lotte Department Store Cabang Avenuel's World Tower, Jamsil. Hari Rabu lalu (16/8), tiga finalis Putri Muslimah Indonesia 2017 berkunjung ke musholla yang baru dibuka tersebut.

"Berada di ruangan ini membuatku merasa terhormat di negeri ini," ujar Syifa Fatimah kepada The Korea Times setelah menyelesaikan salatnya di ruangan ini. "Ini seperti di rumah. Segara fasilitas di tempat ini - hampir seperti ruangan salat di Indonesia."


Foto: Koreatimes / Visitkorea

Ruangan seluas 49,6 meter persegi ini dibagi menjadi tiga bagian. Di tengahnya terdapat keran untuk pengunjung melakuan wudhu. Ada juga beberapa Quran dan sajadah pun disediakan. Musholla ini dibagi menjadi dua ruang, untuk lelaki dan perempuan.

Syifa Fatimah memuji detail ruangan ini seperti adanya tanda arah kiblat. "Yang tidak ada adalah perlengkapan salat (mukena untuk perempuan). Akan lebih baik jika disediakan juga." Salah satu petugas menyatakan mereka akan melengkapinya segera.

Lotte Department Store menjadi salah satu perusahaan yang ikut mempromosikan diri mengundang para turis Muslim. Setelah menyediakan ruang salat ini, pihak Lotte Department Store juga berencana untuk membuka restoran halal.

Beberapa pusat belanja dan hotel telah terlebih dahulu menawarkan menu-menu makanan halal. InterContinental cabang Coex Seoul baru-baru ini telah mempekerjakan chef dari Timur Tengah untuk memasak menu halal. Gelleria Duty Free di Seoul juga telah mendapat sertifikat halal untuk empat restoran yang ada di tempat mereka.

Wah, untuk kalian yang muslim berwisata ke Korea akan semakin mudah mendapatkan makanan halal dan melaksanakan salat nih.

Sumber: koreatimes


Tags :