Foto: Ist

Yuk! Buat Kimchi Halal Serupa KDrama dengan Bahan yang Mudah Didapat di Indonesia

korea.iyaa.com - Mengaku sebagai pecinta Korea, tentu saja chingudel sudah tidak asing dengan KIMCHI. Tapi makanan kaya manfaat ini justru menjadi barang 'langka' bagi muslim karena kehalalnya masih dipertanyakan.

Mulai dikenal sejak ratusan tahun lalu, kimchi hingga kini menjadi makanan yang wajib hadir di meja makan khas Korea. Berbahan sawi putih dan berbagai rempah-rempah lain, kimchi dipercaya bisa membantu pencernaan dan membuat penikmatnya panjang umur.

Sayangnya, sulit sekali mendapat kimchi halal yang notabennya berasal dari negara yang penduduk muslimnya sedikit. Hal ini membuat muslim yang ingin menikmati kimchi ragu menyicipnya.




Seiring berjalannya waktu, banyak pecinta Korea yang beragama muslim bereksperimen. Dilansir dari Masirul.com, yuk! Coba resep kimchi halal dengan bahan yang mudah di dapat.

Bahan utama kimchi
3 buah sawi putih
3 buah wortel, potong kecil-kecil
250 gr garam dapur 250 gr
7 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil
1 buah lobak, kupas lalu potong kecil-kecil

Bahan pasta kimchi
750 ml air putih
65 gr tepung beras
1 sdm jahe parut atau cincang
70 gr bawang putih, ulek halus
250 ml kecap ikan (opsional)
1 bawang bombay utuh, kemudian iris tipis
300 gram cabai bubuk Korea (merah) atau lokal (agak merah)
125 gram gula pasir

Cara membuat pasta kimchi

1. Masukan air dan tepung beras ke dalam panci
2. Aduk sampai larut dan kental, matikan kompor jika letupan sudah muncul
3. Tuangkan gula pasir, kemudian aduk sampai larut
4. Dinginkan bubur tepung selama beberapa saat. Jika sudah dingin, maka tuangkan bubur tepung tersebut ke dalam baskom atau wadah
5. Taburkan bahan lain (bubuk cabai dan tambahkan jahe, bawang putih, bawang bombay dan kecap ikan), lalu aduk sampai rata
6. Campurkan lobak, wortel dan daun bawang. Kemudian aduk lagi sampai rata

Cara membuat kimchi

1. Cici sawi sampai bersih, lalu tiriskan
2. Taburi setiap helai sawi yang sudah dicuci bersih dengan secukupnya garam sampai rata. Sedangkan untuk bagian pangkal sawinya diberi taburan garam yang sedikit lebih banyak
3. Letakkan sawi-sawi yang sudah ditaburi garam tersebut kedalam wadah yang berukuran besar (Gunakan wadah yang terbuat dari bahan yang tidak bereaksi terhadap garam seperti baskom plastik dan lain sebagainya)
4. Diamkan selama 2 jam
5. Sawi yang ditaburi garam dan didiamkan tersebut akan mulai berair dan lebih menciut berbeda dari sebelumnya (Jika sudah begitu berarti kimchi sudah setengah jadi)
6. Ambil sawi yang sudah didiamkan selama 2 jam tersebut lalu siram dengan air mengalir sampai bersih sampai taburan garam yang masih menempel terbawa air. Kemudian sisihkan
7. Jika adonan pasta sudah jadi, lanjut ke langkah berikutnya
8. Lapisi tangan dengan sarung plastik lalu lumuri setiap lembar sawi dengan pasta kimchi sampai merata
9. Simpan sawi yang telah diberi lumuran pasta kimchi ke dalam toples berukuran besar dan tutup. Diamkan selama 2 hari (tahap fermentasi untuk menghasilkan kuliner kimchi ala korea)
10. Setelah 2 hari, buka toples dan kimchi siap untuk dihidangkan

Agar proses fermentasi kimchi berhasil dipastikan untuk tidak pernah membuka tutup toples dan tidak dimasukan kulkas sebelum proses selesai.

Jika kamu memiliki permintaan atau masukan untuk membuat resep santapan lain asal Negeri Ginseng beri tahu kami ya! 


Tags :