Foto: KBS

5 Drama Korea dengan Teknik Sinematografi Terbaik

korea.iyaa.com - Selain dibintangi aktor dan aktris favorit serta kisah yang memukau, drama Korea banyak disukai karena miliki sudut pengambilan gambar dan proses editing yang baik.

Tidak hanya itu, detail cantik dari pemandangan sekitar, pencahayaan, gradasi warna dalam adegan, dan adegan latar pendukung akan semakin membuat mata penonton sulit lepas dari layar. Dari sekian banyak drama Korea, berikut 5 judul drama yang dianggap miliki sinematografi terbaik hingga tidak terasa bosan untuk ditonton berulang kali.

1. Goblin (tvN)

Foto: ist/tvN


Drama besutan Lee Eung Bok (sutradara Descendants of the Sun) ini dianggap sebagai K-Drama yang paling indah sinematografinya selama beberapa tahun belakangan.

Pengambilan gambar yang simetris dan penuh perhitungan dianggap jadi nilai plus di drama ini. Banyak adegan yang diambil dari 6 sudut berbeda. Transisi antara satu adegan dengan adegan selanjutnya juga dibuat halus sehingga tidak terasa ada 'lompatan' adegan yang mengganggu jalannya cerita. Mengangkat kisah fiksi, berbagai tambahan efek komputer grafis semakin menambah keindahan cerita.



2. Legend of the Blue Sea (SBS)

Foto: ist/SBS

Didominasi warna biru laut dan cerahnya efek sinar yang bersih, drama ini dianggap sukses menggambarkan gabungan kehidupan dua dunia berbeda antara manusia dan dunia bawah laut yang penuh fantasi.

Efek visual yang ditampilkan sangat mempesona, terutama ketika hewan laut dan putri duyung berenang di angkasa. Tidak hanya itu, teknik pengambilan gambar skala besar saat Jun Ji Hyun hadir di masa depan juga memberi kesan 'bersih' dan mampu menggambarkan dunia asing padahal itu semua hal normal bagi manusia biasa.

3. Let's Eat (tvN)


Foto: ist/tvN


Drama Let's Eat muncul di tahun 2013 dan sukses menarik perhatian karena mengangkat tema yang tidak biasa.

Karena fokus cerita adalah kecintaan tokoh utama pada segala jenis makanan, berbagai hidangan Korea dan mancanegara jadi highlight di sini. Pengambilan gambar saat sang tokoh menikmati hidangan diedit seperti konsep mukbang dengan lighting natural. Sesekali, layar terbagi dua: satu sisi tampilkan ekpresi si tokoh, sisi lainnya tampilkan makanan yang terlihat lezat dan siap disantap.



4. Descendants of the Sun (KBS2)


Foto: ist/KBS2


Tidak hanya dibintangi dua bintang Hallyu fenomenal dan kisah memukau, teknik pengambilan gambar dari DOTS masih jadi bahan perbincangan sampai sekarang.

Adanya negara Uruk dianggap sebagai nilai plus karena tim produksi bebas membuat latar tempat sesuai keinginan. Gradasi warna yang dipakai di sepanjang drama juga tidak membuat mata lelah karena didominasi warna netral seperti krem, hijau, coklat, dan putih. Tidak hanya itu, pemakaian Yunani sebagai lokasi syuting juga menambah kesan mendalam dalam kisah drama ini.

5. Scarlet Heart: Ryeo (SBS)


Foto: ist/SBS

Drama sageuk sangat digemari karena mampu suguhkan banyak keindahan dalam satu adegan. Di Scarlet Heart: Ryeo, keindahan pengambilan gambar ditampilkan lewat sorotan kamera close up ke para pemain.

Sebagian besar adegan diambil di lingkungan istana namun tidak terasa membosankan karena diambil dalam skala luas. Ditambah lagi, meski mengisahkan banyak pangeran dengan karakter berbeda, drama ini patut diacungi jempol karena memberikan suasana berbeda lewat lighting, latar tempat, dan aksesoris kontras.



Nah, dari 5 drama di atas, mana yang menurut Chingudeul teknik pengambilan gambarnya paling bagus? Apakah Chingudeul punya drama favorit lainnya untuk masuk dalam daftar ini?

Sumber: soompi (dengan sedikit perubahan)


Tags :