Foto: ist

Alasan Orang Korea Makan Miyeokguk di Hari Ulang Tahunnya

korea.iyaa.com - Berikut alasan kenapa orang Korea makan miyeokguk di hari ulang tahunnya.

Sering terlihat dalam drama Korea adegan di mana orang yang sedang berulang tahun pasti akan makan sebuah masakan wajib khusus, yaitu miyeokguk atau sup rumput laut.


Beberapa adegan karakter utama drama sedang makan miyeokguk. | Foto: ist

Miyeokguk merupakan masakan tradisional Korea yang dikonsumsi oleh wanita Korea setelah melahirkan. Miyeokguk adalah guk atau sup yang berisi miyeok (rumput laut coklat). Khususnya setelah melahirkan, wanita harus selalu makan miyeokguk, karena rumput laut coklat ini kaya akan  nutrisi seperti kalsium dan yodium, yang dalam budaya Korea dipercaya penting untuk mempengaruhi banyaknya produksi asi.

Selain itu, orang Korea mempunyai tradisi untuk makan miyeokguk pada pagi hari di hari ulang tahunnya. Tradisi ini berasal dari tradisi bahwa wanita yang melahirkan harus makan miyeokguk, sebagai perayaan untuk menghormati ibunya.

Cara membuat miyeokguk cukup mudah. Miyeok kering direndam ke dalam air dingin sampai lembut, lalu cuci dan rebus dalam air kaldu ikan teri dengan kerang atau daging sapi. Bumbui dengan kecap, bwang putih cincang dan minyak wijen.

Sumber: wikipedia


Tags :