Foto: ist / Iyaa.com

Desain Batik-Hanbok Jadi Jembatan Unik Antara Indonesia-Korea Selatan

korea.iyaa.com - Di abad 21 hanbok jadi pakaian tradisional Korea Selatan yang kian hari semakin berkembang. Terbukti dari kolaborasi berbagai rancangan dan kain, termasuk batik.

Didukung oleh Asosiasi Korea-Indonesia, perancanag Cho Yun Joo memperkenalkan keindahan hanbok di Korea Festival 2017 semalam (24/9). "Aku menyiapkan hanbok kerajaan, hanbok bangsawan, hanbok modern, dan batik hanbok," tutur duta hanbok ini.


(kiri) Cho Yun Joo , (kanan) Model | Foto: iyaa.com

Sebagai seorang profesioanal hanbok yang biasanya berkutat dengan sutera, Cho Yun Joo mengaku ide peragaan kali ini diambil dari alam. "Aku mencoba mendesain dari yang berasal dari alam untuk diolah dalam bentuk tradisional."

Pertunjukan yang digelar di Indonesia, menjadi ide baru bagi Cho Yun Joo. Keinginannya untuk memperkenalkan hanbok sukses ia gabung dengan berbagai kain batik asal Jawa Tengah. "Aku ingin memperlihatkan berbagai kemungkinan dari perkembangan [hanbok]. Khususnya, dengan pakaian tradisi Indonesia."


Foto: iyaa.com 

Meski dinobatkan sebagai peraih 'Hanbok Brand Award 2016', Cho Yun Joo sempat cemas pada pertunjukan kali ini. "Aku sempat khawatir untuk mempersiapkan fashion show di Indonesia, tetapi setelah mempelajari batik aku kaget [ternyata] kain tersebut indah dan cantik, dan aku ingin menggabungkannya dengan hanbok."

"Aku harap melalui kolaborasi batik-hanbok ini jadi kesempatan untuk pertukaran kultur antar dua negara lebih aktif," tandasnya.









Foto: iyaa.com

 


Tags :