Foto: JTBC

D-Day Episode 3, Bencana Itu Akhirnya Terjadi, Seoul Hancur

iyaa.com - D-Day episode 3 ditayangkan pada 25 September di stasiun TV JTBC. Beberapa adegan ditampilkan dengan latar waktu beberapa menit sebelum bencana gempa besar menimpa Seoul.

Dokter Lee Hae Sung (Kim Young Kwang) dan Dokter Jung Dol Mi (Jung So Min) yang kebetulan sedang ada di luar rumah sakit melihat gedung-gedung hancur, jalan-jalan retak, air got memancar keluar. Di beberapa adegan lainnya diperlihatkan pula Menara Seoul N (N Seoul Tower) yang menjadi kebanggaan kota Seoul roboh.



Dokter Lee Hae Sung dan Dokter Jung Dol Mi segera memberi pertolongan pertama pada para korban yang ada di dekat mereka. Salah satunya adalah ibu hamil yang terjebak di dalam mobil yang akan meledak. Meski akhirnya berhasil dikeluarkan dari dalam mobil, Hae Sung meminta sang ibu hamil untuk segera dilarikan ke rumah sakit besar yang memiliki fasilitas obgyn dan pediatri.

Hae Sung yang mengkhawatirkan keadaan ibu dan pasien UGD segera kembali ke RS Hangang Mirae. Untunglah, ibunya masih hidup dan hanya terjatuh dari tempat tidur akibat guncangan gempa. Hae Sung yang langsung menyadari bahwa para korban pasti akan pergi ke RS terdekat segera mengubah ruang endoskopi menjadi ruang operasi.



Lewat radio, akhirnya diketahui bahwa kekuatan gempa yang menimpa seoul sebesar 6,5 SR. Air dan listrik tidak berfungsi, ponsel pun tidak bisa menangkap sinyal. Tim pemadam kebakaran pun tidak bisa memadamkan api karena air yang mati dan nyaris tak dapat bergerak karena mobil mereka yang tidak bisa melalui jalan-jalan yang dipenuhi reruntuhan bangunan.

Sebelum Hae Sung memulai melakukan pemeriksaan kepada korban yang datang ke RS Hangang Mirae. Dia sadar bahwa obat-obatan yang ada tidak cukup untuk mengobati para pasien yang sudah datang. Dia pun berkata, "Jika tidak ingin terbuang percuma. Terhadap pasien dengan luka paling ringan dan paling berat, peluru [obat-obatan] itu tidak boleh digunakan."

Artinya, luka paling ringan berarti pasien tidak memiliki luka yang mengancam jiwa. Luka paling berat berarti memiliki kondisi paling gawat dan potensi hidupnya sangat rendah. Prosedur awal saat bencana pun dilakukan (triase), yaitu dengan menandai para korban mana yang harus diobati terlebih dahulu, diobati paling akhir, dan yang tidak bisa diobati lagi atau memang sudah meninggal.



Dokter Lee Hae Sung, Dokter Jung Dol Mi, Perawat Pak Ji Na (Yoon Joo Hee), dan beberapa perawat lain berusaha keras menolong para korban meski sebenarnya tenaga dan fasilitas yang ada tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Sempat terjadi insiden saat Jung Dol Mi menandai seorang pasien yang tidak bisa diobati lagi. Meski akhirnya bisa diredakan, tapi Hae Sung jadi memiliki luka yang harus dijahit tanpa anastesi. Mereka pun sempat menolong ibu yang harus melahirkan anak kembar dan Hae Sung harus membuat inkubator dadakan untuk bayi kembar itu.



Setelah dirasa para korban yang butuh ditolong sudah beres dan obat-obatan sudah habis, Hae Sung meminta para pasien untuk keluar dari bangunan RS Hangang Mirae karena bangunan tersebut sudah tua dan berpotensi roboh.

Suami dari pasien ibu yang melahirkan menawarkan kapal (boat) untuk menjadi transportasi bagi para pasien yang harus dipindahkan dengan hati-hati. Beberapa pasien berbalik ke RS karena mereka percaya tim SAR pasti akan ke RS dulu sebelum ke tempat penampungan. Hae Sung mengejar mereka dan bangunan RS Hangang Mirae pun roboh.

Apakah Dokter Lee Hae Sung dan pasien yang masuk kembali ke RS dapat selamat? Pasien seperti apa lagi yang harus mereka tolong? Apakah setelah dilakukan pertolongan darurat para pasien bisa dirawat dengan baik? Di tengah bencana ini, para dokter yang selalu ingin menyembuhkan para pasien diuji dengan keputusan yang sulit. Cari tahu kisah ujian para dokter dalam menangani para korban bencana di drama D-Day episode selanjutnya.