Foto: Korea Iyaa

Sachoom Mendapat Sambutan Meriah dari Berbagai Negara

iyaa.com - Sachoom adalah sebuah kelompok tari musikal non-verbal (tanpa dialog) yang membuat pertunjukan mereka bisa diterima di berbagai negara.

Lewat wawancara Sachoom dengan Korea Iyaa (4/10), Choi Himchan sebagai perwakilan dari kelompok Sachoom menyebutkan beberapa negara tempat mereka pernah melakukan pertunjukan. "Ada sekitar 60 negara yang telah mengundang kami untuk melakukan pertunjukan seperti Jepang, China, Edinburgh, Moskow, Singapura, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Thailand, Jerman, dan lain. Ada sekitar 1,2 juta penonton di 50 kota berbeda yang menonton pertunjukan kami. Kami juga diundang ke beberapa acara seperti Olimpiade Musim Dingin di Van Couver pada 2010, Shanghai Expo, Guangzhou Asian Game, 2012 Yeosu Expo, dan menjadi perwakilan Korea di acara mega-event dunia. Di tahun 2013, kami juga telah menyelesaikan tur 24 kota di China."


Foto: Korea Iyaa

Perwakilan Sachoom juga menjelaskan perbedaannya melakukan pertunjukan di negara lain dan di Indonesia. "Pertunjukan yang paling mengesankan adalah di Edinburgh pada tahun 2008. Kami melakukan pertunjukan di sana selama lebih dari 1,5 bulan yang membuat hal ini menjadi sangat mengesankan."

Ditambahkan pula, tiket pertunjukan Sachoom terjual habis saat melakukan pertunjukan di George Square, Inggris. Di tempat ini pula Sachoom mendapat penilaian yang bagus sehingga membuat semangat tim untuk tampil lebih baik.

Sachoom yang memiliki sebuah teater sendiri di Seoul, mestinya juga menerima sebuah audisi. Korea Iyaa pun menanyakan kemungkinan bisanya orang Indonesia bergabung dengan kelompok Sachoom. "Para member orang asing aktif di Sachoom. Kami pun sempat melakukan pertunjukan dengan mereka di China. Jika ada orang yang memiliki minat besar pada tari, itu mungkin saja."


Foto: Korea Iyaa

Choi Himchan juga mengatakan bahwa yang diperlukan dalam tim mereka bukan hanya pandai menari saja, tetapi para member harus bisa berinteraksi pada para penonton. Hal ini karena kekuatan dari cara kerja kelompok Sachoom adalah interaksi mereka dengan para penonton.

Korea Iyaa juga penasaran apakah mereka ingin mencoba melakukan tur pertunjukan di Indonesia dan memakai lagu Indonesia dalam tarian mereka. "Jika ada kesempatan, tentu kami akan melakukannya. Karena wilayah Indonesia sangat besar, tentunya respon di setiap daerah juga pasti berbeda. Untuk lagu, sepertinya agak sulit, tapi jika ada kesempatan, kami akan mencobanya."


Foto: Korea Iyaa

Terakhir, Korea Iyaa meminta Sachoom menyampaikan pesan untuk para fans yang ada di Indonesia. "Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat yang telah diberikan pada pertunjukan Sachoom. Bahkan setelah pertunjukan selesai masih sempat mencari kami untuk memberikan hadiah. Kami berjanji akan memberikan pertunjukan yang lebih baik lagi nanti. Jika pertunjukan Sachoom menjadi terkenal di Indonesia, kami pun akan dengan cepat melakukan pertunjukan lagi di sini. Kami ingin memperlihatkan pertunjukan Sachoom yang sempurna. Kemudian, kami juga ingin berterima kasih pada pihak keamanan yang telah membantu kami selama pertunjukan [di Korea Festival 2015]."

Untuk kalian yang menggemari kelompok ini, ayo dukung kelompok Sachoom dengan like facebook dan follow twitter mereka. Jangan lupa berdoa pula agar di Korea Festival tahun depan, Sachoom bisa tampil kembali.