Foto: KBS

Descendants of the Sun Episode 1, Pertemuan Pertama yang Seperti Takdir

iyaa.com - Descendants of the Sun episode 1 telah ditayangkan pada 24 Februari 2016 dan langsung mendapat rating dua digit. Adegan pertama para penonton dibawa ke sebuah suasana menegangkan di zone demiliterisasi perbatasan Korsel dan Korut. Dua tentara Korsel disandera oleh tentara Korut, tim alfa yang dipimpin oleh Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) mengambil alih operasi. Dia dan Seo Dae Young (Jin Goo) berhasil menyelamatkan sandera meski perut Yoo Shi Jin terluka.

Suasana langsung berubah ceria saat Yoo Shi Jin dan Seo Dae Young membidik senjata mainan untuk memenangkan boneka. Mereka bingung kenapa senjata tersebut tidak mengenai sasaran dan seorang pekerja (Lee Kwang Soo) memarahi mereka agar tidak merusak senjata tersebut. Tidak lama mereka mendengar ada pencuri, Seo Dae Young dengan senjata mainannya langsung pergi menolong. Meski Yoo Shi Jin malas karena itu adalah libur mereka, dia akhirnya juga ikut menembakkan peluru mainan ke arah pencuri motor.

Pencuri motor itu jatuh dan Yoo Shi Jin sibuk memberikan pertolongan pertama dan melepas pencuri itu ke ambulans. Yoo Shi Jin kesal karena mereka berdua harus mengencani boneka alih-alih wanita. Seo Dae Young sadar ponselnya hilang dan diambil pencuri motor yang mereka tolong. Mereka berdua pun pergi ke rumah sakit tempat pencuri itu diperiksa.



Dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) datang memeriksa dan terkejut dengan pertolongan pertama yang dilakukan oleh Yoo Shi Jin. Kang Mo Yeon tertawa saat melihat catatan di tangan pencuri itu karena ditulis pula keterangan bahwa ia pencuri. Si pencuri, Kim Gi Bum (Kim Min Suk), mencoba untuk kabur, tetapi berhasil dikejar Kang Mo Yeon. Dia pun mencoba kabur lagi dengan memberikan ponsel Seo Dae Young sebagai jaminan.

Yoo Shi Jin mengangkat panggilan ponsel Yoo Shi Jin dan mengira Yoo Shi Jin adalah ketua geng berandalan. Meski diperlakukan kasar, Yoo Shi Jin justru tertarik dan tidak mengindahkan usul Seo Dae Young untuk mengejar Kim Gi Bum. Yoo Shi Jin akhirnya setuju dengan sikap memaksa yang kaku Seo Dae Young.

Yoo Shi Jin dan Seo Dae Young melihat Kim Gi Bum dipukuli oleh para berandal dan akhirnya tahu alasan Kim Gi Bum mencuri adalah untuk membayar geng agar ia dapat keluar dari geng. Seo Dae Young yang pernah hidup demikian, paham dengan penderitaan Kim Gi Bum dan mendeklarisikan sebagai kakak lelaki Kim Gi Bum. Ia dan Yoo Shin Jin pun akhirnya bertarung dengan kelompok geng itu.



Yoon Myeong Joo (Kim Ji Won) yang mengira bahwa Seo Dae Young kecelakaan segera pergi ke rumah sakit Haesung. Dia justru bertemu dengan teman lamanya, Kang Mo Yeon. Di antara mereka berdua ternyata pernah terjadi perselisihan. Lewat rekannya, Kang Mo Yeon akhirnya tahu bahwa pacar Myeong Joo adalah tentara dan memiliki pangkat yang lebih rendah sehingga hubungan mereka tidak lancar.

Kang Mo Yeon terkejut melihat Kim Gi Bum babak belur dan mengira Yoo Shi Jin yang melakukannya. Kim Gi Bum justru telah mengatakan Yoo Shi Jin adalah penyelamatnya, tetapi Kang Mo Yeon tidak percaya dan segera menelepon polisi. Yoo Shi Jin menghalanginya karena dia tidak mau repot berurusan dengan polisi. Yoo Shi Jin pun mengajak Kang Mo Yeon menemui Yoon Myeong Joo untuk mengonfirmasi identitas dirinya.

Seo Dae Young dan Yoon Myeong Joo berbicara berdua. Seo Dae Young yang tidak tahan dengan hubungan asmara yang sulit dengan Yoon Myeong Joo selalu menghindarinya. Yoon Myeong Joo tentu saja putus asa, apalagi Seo Dae Young selalu berbicara dengan hormat karena memang pangkatnya lebih rendah dari Yoon Myeong Joo. Seo Dae Young pergi meninggalkan Yoon Myeong Joo, tetapi Myeong Joo marah dan memanggilnya kembali dan seharusnya ia memberikan hormat kepada atasannya.



Yoon Myeong Joo marah dan memerintahkan Seo Dae Young tetap seperti itu. Untunglah, Yoo Shi Jin segera menolong Seo Dae Young dari situasi yang tidak menyenangkan tersebut. Yoon Myeong Joo membenarkan bahwa mereka berdua tentara, tetapi menyuruh Kang Mo Yeon melaporkan bahwa mereka berdua tentara pelarian karena dia masih marah. Kang Mo Yeon percaya mereka tentara, tapi dia masih mencurigai bahwa Yoo Shi Jin dan Seo Dae Young melukai Kim Gi Bum.

Saat menunggu rekaman CCTV, Kang Mo Yeon akhirnya menanyakan nama Yoo Shi Jin dan ia juga memberitahukan namanya, tapi dia tidak mau bersikap ramah dulu. Lewat rekaman CCTV, Kang Mo Yeon senang sekali dan tertawa melihat Yoo Shi Jin melumpuhkan para berandal itu. Yoo Shi Jin mengambil kesempatan itu dengan meminta Kang Mo Yeon menjahit kembali luka saat kasus penyanderaan. Yoo Shi Jin mulai merayu Kang Mo Yeong dan tentu saja Kang Mo Yeon menanggapinya dengan positif.


"Jika kau dokter, pasti tidak memiliki kekasih, mereka terlalu sibuk. / Jika kau tentara, pasti tidak memiliki kekasih, mereka terlalu bekerja keras."

Sesuai janji, Yoo Shi Jin akhirnya kembali ke RS Haesung untuk menemui Kang Mo Yeon. Yoo Shi Jin melihat Kang Mo Yeon pergi ke ruang operasi dan akhirnya memutuskan pulang ke markas. Kang Mo Yeon sadar bahwa ia tidak bisa memenuhi janjinya kepada Yoo Shi Jin sehingga berinisiatif meneleponnya. Yoo Shi Jin yang sangat ingin bertemu mengajak bertemu saat itu juga. Kang Mo Yeon yang tertawa karena keterusterangan Yoo Shi Jin akhirnya terbawa suasana dan setuju untuk bertemu.

Yoo Shi Jin melihat berita ada dua petugas PBB yang disandera dan langsung ditelepon oleh markas. Yoo Shi Jin meminta Kang Mo Yeon menemuinya di atas atap. Sebuah helikopter datang dan Kang Mo Yeon terkejut karena helikopter itu datang menjemput Yoo Shi Jin. Yoo Shi Jin meminta Kang Mo Yeon berjanji mau bertemu minggu depan untuk menonton film. Kang Mo Yeon yang masih bingung mengiyakan dan hanya bisa menatap gelisah helikopter yang membawa Yoo Shi Jin.



Tim yang dipimpin Yoo Shi Jin merupakan tim khusus sehingga kalung identitas mereka harus dilepaskan. Hal ini harus dilakukan agar jika mereka mati, mereka tidak akan bisa diidentifikasi. Yoo Shi Jin pun harus memimpin operasi di Afghanistan, negara yang sedang bergejolak dengan perang sipilnya.

Wah, kira-kira apakah hubungan antara Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeong bisa berjalan mulus ya? Apakah Yoon Myeong Joo mau begitu saja melepas Seo Dae Young? Apakah nantinya Kim Gi Bum akan mengikuti jejak Seo Dae Young? Rasanya tidak sabar untuk mencari jawabannya. Cari tahu jawabannya di sinopsis Descendants of the Sun episode selanjutnya.