Foto: ist

10 Kata Kunci Ini Jadi Trending di Twitter Korea Sepanjang Tahun 2017

kholic.id - Tahun 2017 sebentar lagi berakhir, berbagai kejadian penting yang menarik perhatian netizen Korea kini jadi bahan perbincangan.

Sambut akhir tahun, pihak Twitter Korea merilis 10 kata kunci (keywords) yang menjadi trending di sepanjang tahun 2017. Di kategori entertainment, ternyata trending topic di Korea cukup bervariasi. Mulai dari judul film layar lebar, grup BTS yang menarik perhatian dan merambah media Amerika, acara musik, hingga berita duka susul-menyusul di nomor 1-10. Ini dia daftarnya!

10. Okja



Film petualangan antara gadis kecil dan hewan peliharaannya yang bernama Okja ini jadi trending karena merupakan film Korea pertama yang rilis lewat Netflix. Turut diperankan aktor dan aktris Hollywood seperti Tilda Swinton dan Jake Gyllenhaal, tema film ini juga mencuri perhatian netizen karena menyinggung keserakahan manusia yang senang memakan daging hewan.

9. Kim Joo Hyuk

Foto: ist


Kabar tewasnya aktor Kim Joo Hyuk yang tiba-tiba pada Oktober lalu langsung meramaikan dunia maya. Kepribadiannya yang dikenal hangat, baik, dan polos sejak terkuak di variety show KBS 2 Days 1 Night membuat aktor berusia 45 tahun ini dicintai setiap generasi

8. Confidential Assignment

Foto: ist


Rilis di bioskop Korea pada pertengahan Januari 2017, film yang dibintangi Hyun Bin, Yoo Hae Jin, dan mendiang Kim Joo Hyuk ini jadi film Korea terlaris di 6 bulan pertama 2017, dengan jumlah total penonton 7.8 juta orang. Judul film ini kembali jadi trending saat mendiang Kim Joo Hyuk menangkan piala 'Best Supporting Actor' di The Seoul Awards, 27 Oktober 2017, 3 hari sebelum kecelakaan yang merenggut nyawanya.

7. Midnight Runners

Foto: ist


Jadi satu proyek film Kang Ha Neul sebelum masuk wajib militer sekaligus mengangkat kisah pasar gelap penjualan organ tubuh manusia. Midnight Runners juga jadi trending karena termasuk film box office Korea, tercatat sebagai film terlaris nomor 4 di sepanjang tahun 2017.

6. A Taxi Driver

Foto: ist


Inilah film Korea terlaris di tahun 2017, ditonton oleh lebih dari 8 juta orang dalam waktu hanya 2 minggu. Film A Taxi Driver berkali-kali menjadi trending karena jadi film Korea yang diputar di Academy Awards (Oscar), Fantasia International Film Fest di Kanada, dan total menyabet 20 piala di penghargaan dalam dan luar negeri.

5. MBC It's Dangerous Beyond the Blankets

Foto: ist


Kumpulkan para idol dan selebriti pria seperti Xiumin EXO dan Kang Daniel Wanna One yang hidup bersama di satu penginapan. Acara ini sukses jadi trending berkat penggemar setia masing-masing artis, meski hanya acara pilot (tayang sementara untuk mengisi slot kosong -red) yang tayang tiga kali.

4. BBMA 2017 (Billboard's Music Awards)

Foto: ist


Grup BTS berhasil menangkan Top Social Artist di penghargaan Billboard's Music Awards berkat para penggemar setia A.R.M.Y yang terus trending-kan acara ini di Twitter lewat berbagai hashtag (tanda pagar).

3. Kimi No Nawa

Foto: ist


Film animasi Jepang yang jadi bahan perbincangan di seluruh dunia ini tayang di Korea, dengan pengisi suara Ji Chang Wook dan Kim So Hyun. Aktris Kim So Hyun sendiri miliki fanbase yang cukup aktif di Twitter.

2. Mnet Produce 101

Foto: ist


Acara survival show pembentukan grup boyband Wanna One ini sukses mencuri perhatian banyak netizen Korea di sepanjang tahun 2017. Kesebelas anggotanya pun terus menduduki peringkat 11 besar Brand Reputation Rangking selama berbulan-bulan.

1. MAMA 2017

Foto: ist


Inilah kata kunci di bidang hiburan yang paling banyak dicari dan dibicarakan netizen Korea di sepanjang tahun 2017. Mulai dari persiapan voting, kontroversi, hingga acara yang digelar di Vietnam, Jepang, dan Hong Kong sukses mencuri perhatian tidak hanya pecinta K-Pop, tapi juga pengguna Twitter lainnya.

Dari sekian banyak kata kunci yang jadi trending di atas, adakah kata kunci yang sering Chingudeul pakai di sepanjang tahun ini?

Sumber: (1), (2)


Tags :