Dirjen KOTRA Kim Byungsam | Foto: Rizki/kholic

Peran KOTRA dalam Menjembatani Hubungan Korsel-Indonesia di Bidang Ekonomi

kholic.id - Banyaknya perusahaan dan investor asal Korsel yang ada di Indonesia tidak lepas dari peran KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency).

Sebagai lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea, KOTRA sudah ada di Indonesia sejak tahun 1962. Nah, di penghujung akhir tahun 2017, 29 Desember, kru kholic.id sempat melakukan bincang-bincang singkat bersama Dirjen KOTRA Kim Byungsam di kantor perwakilan KOTRA yang ada di Jakarta.



Beliau mengungkapkan bagaimana peran KOTRA di Indonesia, "Sebelum para investor Korea memberikan investasi ke Indonesia, KOTRA akan menyampaikan seperti apa situasi perekonomian di Indonesia kepada mereka. Lalu setelah mereka melakukan investasi, KOTRA akan membantu para investor atau pengusaha ini mengenai pengurusan mendirikan pabrik ataupun perusahaan di Indonesia. Selama melakukan bisnis di Indonesia, KOTRA juga membantu saat perusahaan-perusahaan ini mengalami kesulitan."



KOTRA tidak hanya membantu kesulitan pada perusahaan dan investor dari Korea, tetapi mereka juga mengupayakan agar perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia giat melakukan kegiatan CSR dan OVOP untuk membantu masyarakat Indonesia. Contohnya dengan pemberian KOTRA Award terhadap perusahaan Korea yang dianggap berperan besar dalam kegiatan CSR di Indonesia. Serta baru-baru ini, dalam kegiatan pembagian lampu bebas listrik bersama Lumir Inc. di Terentang Hulu, Kalimantan Barat pada 4-6 Desember 2017.

Sebagai penutup, Direktur Jenderal Kim Byungsam menyampaikan harapannya agar pemerintah Indonesia bisa memudahkan perizinan dan prosedur lainnya bagi para pengusaha dan investor Korea di Indonesia. Wah, mudah-mudahan ke depannya kerja sama antara Korsel dan Indonesia semakin erat ya, Chingudeul.


Tags :