Foto: ist

9 Hidangan 'Seollal' Tahun Baru ala Korea yang Wajib Kalian Cicipi

kholic.id - Jelang Tahun Baru China, banyak tradisi kuliner menarik di Asia yang sayang untuk kalian lewatkan.

Di Korea sendiri, Tahun Baru China disebut Seollal (설날). Hari besar ini merupakan hari libur yang dijadikan tradisi terbesar di Korea. Perayaan ini biasanya berlangsung selama 3 hari: sehari sebelum Seollal, Hari Seollal, dan sehari setelah Seollal. Di tahun 2018, Hari Seollal jatuh pada 16 Februari 2018.

Dalam hari besar ini, orang Korea berkumpul bersama keluarga besar dan menikmati banyak hidangan khas. Inilah 9 hidangan Seollal yang wajib kalian tahu dan tentu saja, kalian cicipi!

1. Tteokguk

Foto: ispeak


Hidangan Tteokguk atau sup kue beras jadi makanan wajib nomor 1 di Hari Seollal. Berisi kue beras (tteok) yang berbentuk irisan pipih dan dimasak dengan kaldu, Tteokguk disajikan di Hari Seollal sebagai sarapan pagi. Ciri khas hidangan ini adalah hiasan potongan tipis telur ayam dadar yang dipisah antara putih dan kuning.

2. Manduguk

Foto: maangchi


Sup pangsit isi ini juga jadi hidangan wajib di pagi Hari Seollal. Biasanya, manduguk berisi cincangan daging yang dicampur dengan bermacam sayuran dan tahu putih. Setiap keluarga punya tradisi resep mandu yang berbeda. Akan tetapi, bentuk lipatan mandu dalam Manduguk selalu sama, yaitu menyerupai koin emas kuno.

3. Kimchi Mandu

Foto: maangchi


Jadi varian pangsit, kimchi mandu terbuat dari mandu yang berisi cincangan daging dan kimchi. Rasa pedas asam dari kimchi (acar sawi putih pedas khas Korea) menambah kesegaran dan akan semakin enak saat dinikmati ketika hangat.

4. Jeon

Foto: pinterest


Disebut pancake ala Korea, jeon adalah adonan tepung serupa bakwan di Indonesia yang berisi cacahan kucai. Variasi lain dari jeon yaitu diberi tambahan cincangan kimchi atau seafood seperti daging cumi-cumi yang dipotong seperti cincin dan udang cincang.

5. Bulgogi

Foto: maangchi


Jadi hidangan daging yang paling banyak digemari turis asing, bulgogi merupakan irisan tipis daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu manis-gurih-asin, lalu dibakar. Untuk menghemat waktu, kini hidangan bulgogi juga sering diolah dengan cara dimasak di atas wajan datar.

6. Galbi Jjim

Foto: thespruce


Termasuk hidangan mewah di Korea karena gunakan iga sapi dari bagian tertentu. Ciri utama galbi jjim adalah daging iga sapi yang dipotong pendek. Dimasak lama dengan bumbu rendaman kecap asin, minyak wijen, bawang putih, cabai, dan gula hingga bertekstur manis dan lengket, galbi jjim selalu jadi hidangan favorit semua anggota keluarga.

7. Japchae

Foto: maangchi


Berbahan dasar dangmyeon, mi transparan dari pati kentang yang kenyal, 'mi bihun goreng' ala Korea ini punya aroma minyak wijen yang kuat.

Semua bahan dalam japchae yaitu mi, sayuran seperti wortel, bayam, daun bawang, dan jamur, serta daging sapi diolah sampai matang secara terpisah. Untuk menghidangkan, barulah mi dibumbui dengan campuran kecap asin, minyak wijen, dan gula, lalu diaduk bersama sayuran dan daging.

8. Yaksik

Foto: maangchi


Jika penduduk Indonesia di Pulau Jawa mengenal hidangan wajik, maka di Korea ada kue tradisional yaksik. Dibuat dari beras ketan kukus dan dicampur dengan madu/brown sugar, minyak wijen, dan terkadang bubuk kayu manis, yaksik dipermanis dengan campuran buah kering dan kacang-kacangan.

9. Sikhye

Foto: mykoreankitchen


Jadi minuman tradisional Korea yang dikenal membuat nyaman perut, sikhye dibuat dari air rendaman gandum (malt) yang terasa manis meski tidak diberi gula. Butiran nasi dan kacang pinus ditambahkan ke dalam minuman ini untuk menambah tekstur.

Sumber: mykoreankitchen


Tags :