Foto: korea.net

Cara Mudah Buat 'Marble Rice Cake', Kue Putu Ala Korea yang Cantik dan Manis

kholic.id - Sebagai negara konsumen beras, Korea miliki banyak hidangan yang berbahan dasar olahan tanaman padi-padian. Salah satunya adalah rice cake atau kue beras (tteok).

Satu dari sekian banyak variasi kue beras yang populer adalah mujigaetteok, yang berarti 'kue kukus dari tepung beras yang miliki lapisan warna seperti pelangi'. Aslinya, kue ini disajikan untuk ulang tahun anak saat berusia 1 tahun. Berbahan dasar tumbukan beras yang sebelumnya telah direndam berjam-jam, tekstur mujigaetteok sama persis seperti kue tradisional Indonesia yaitu 'kue putu'.

Sebagai variasi, kue mujigaetteok kini dibentuk bermacam-macam, dengan warna dan isian yang tak kalah menarik seperti yang diajarkan oleh Yoon Sook Ja, Direktur Institute of Traditional Korean Food. Kali ini, ayo kita coba buat mujigaetteok dengan isian selai buah yang mudah dibuat siapa saja!



Bahan: (untuk penyajian 4 orang)

- 270 gram Beras, cuci bilas hingga bersih, rendam dengan air selama 7 jam
- 1 sdt (sendok teh) Garam
- 5 sdm (sendok makan) Gula
- 1.5 sdt bubuk perasa stroberi/pewarna merah dan 1 sdt bubuk mugwort/pewarna hijau
- 60 gram Selai lemon, untuk isian

Cara Membuat:

1. Setelah beras direndam 7 jam, tiriskan hingga tidak ada air yang menetes dan sedikit kering, lalu giling hingga menjadi bubuk.

2. Campur bubuk beras dengan gula dan garam, aduk rata.

3. Pisahkan campuran bubuk beras menjadi 3 bagian (masing-masing +/- 100 gram). Secara terpisah, aduk rata bubuk beras dengan bubuk stroberi dan bubuk mugwort. Beri sedikit air di masing-masing wadah, aduk rata dengan cara ditekan menggunakan tangan hingga bubuk beras menjadi lembab (terasa dingin) di tangan. Ayak dengan saringan.

4. Tata tiap adonan secara berlapis ke dalam cetakan. Tambahkan selai lemon di bagian tengah, lalu tutup lagi dengan adonan beras. Segala jenis selai buah seperti lemon, bluberi, dan stroberi bisa dipakai untuk isian kue.



5. Ratakan bagian atas cetakan, didihkan kukusan, lalu kukus kue selama 15 menit hingga matang.

6. Keluarkan cetakan dari dalam kukusan, biarkan dingin. Balik cetakan hingga kue keluar sempurna. Kue mujigaetteok yang cantik dan lezat siap dihidangkan.



Sebagai catatan, kunci keberhasilan dari kue ini berasal dari kualitas beras yang dipakai. Kue hanya bisa dimasak dari beras yang sudah direndam lama lalu ditumbuk dan bukan dari tepung beras biasa yang dijual di pasaran. Jika Chingudeul kesulitan mencari pewarna hijau dari tumbuhan mugwort, kalian bisa memakai pasta pandan atau air daun suji.

Jadi, apakah Chingudeul tertarik mencoba membuat kue mujigaetteok?

Sumber & foto: korea.net


Tags :